Masuk Tahun Politik, BI Minta Swasta Gencar Ekspansi

Masuk Tahun Politik, BI Minta Swasta Gencar Ekspansi

Dukung  Infrastruktur, OJK Gelar Konferensi Internasional Keuangan Syariah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Memasuki tahun politik di 2018 dan 2019 mendatang, Bank Indonesia (BI) mengingatkan dunia usaha swasta untuk lebih gencar berekspansi bisnis dan tidak terlalu mengkhawatirkan dinamika dari tahun politik pada tahun depan.

“Sektor swasta apa yang ada di rencana misalnya untuk ekspansi 2018, laksanakan. Kalau pemilu setiap lima tahun sekali ada kok. Tidak ada yang baru,” ujar Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.

Saat ini, kata dia, konsolidasi internal di industri perbankan nasional juga sudah rampung. Sehingga perbanan sudah siap menyalurkan pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh sektor swasta. Dunia usaha swasta saat ini seharusnya lebih percaya diri untuk berinvestasi dan juga menjalankan ekspansi sesuai rencana bisnis.

Sementara itu, BI sendiri telah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kisaran 5,1-5,5 persen (year-on-year/yoy) di tahun depan. Sedangkan untuk penyaluran kredit perbankan di tahun depan, dirinya juga memperkirakan akan terjadi pertumbuhan sebesar 10-12 persen (yoy).

Menurutnya, indikator makro ekonomi Indonesia terus menunjukkan perbaikkan hingga paruh ketiga tahun ini. Indikatornya, inflasi tahunan yang masih terjaga di 3,7 persen (yoy) dan laju pertumbuhan ekonomi kuartal III 2017 yang diperkirakan lebih baik dibanding kuartal II 2017 yang sebesar 5,01 persen (yoy).

Mirza memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2017 akan berada di 5,1-5,2 persen. Hal ini didorong oleh percepatan belanja pemerintah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP 2017), kemudian konsumsi rumah tangga, pemulihan ekspor dan juga investasi yang mulai membaik.

“Pengeluaran pemerintah akan lebih besar kuartal III, namun memang APBN itu 10-12 persen dari PDB. Sumber lainnya adalah konnsumsi rumah tangga, eskpor dan investasi,” tutup Mirza. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]