Ekonomi dan Bisnis

Mastercard Strive Indonesia, Targetkan Dampingi 300 Ribu UMKM

Jakarta – Inklusi keuangan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan dari kepemilikan maupun penggunaan akun/rekening di bank.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat pertumbuhan signifikan dalam kepemilikan akun pada tahun 2021, dibandingkan pada tahun 2020 yaitu sebesar 3,7 poin presentase. Sementara, penggunaan akun meningkat sebesar 1,5 poin presentase dari 83,6% pada 2021 menjadi 85,1% pada 2022.

Namun demikian, masih terdapat selisih 4,9 poin presentase untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024. Oleh karena itu, edukasi kepada masyarakat, terutama bagi Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang menopang tumbuhnya perekonomian negeri, perlu dilakukan oleh seluruh stakeholder.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Mastercard bekerja sama dengan Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) dan Mercy Corps Indonesia meluncurkan Mastercard Strive Indonesia. Program ini akan berlangsung selama tiga tahun kedepan yang bertujuan untuk menjangkau 300.000 usaha kecil di Indonesia, tepatnya pada tahun 2025.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, UMKM memegang peran krusial dalam perekonomian nasional, dengan jumlah mencapai 64 juta atau 99% dari total jumlah perusahaan nasional, dan memberikan kontribusi sebesar 61% pada Produk Domestik Bruto (PDB).

Tetapi, dari jumlah tersebut hanya sekitar 13,7 juta UMKM yang telah menjadi bagian dari ekonomi digital.

“Padahal, ekosistem digital berperan dalam mendukung UMKM, diantaranya mendorong presentasi UMKM dan memasarkan produk, mempermudah proses pembayaran, memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM, mempermudah distribusi logistik bagi pelaku UMKM, meningkatkan kualitas produk bagi produk UMKM dan meningkatkan ketahanan UMKM terhadap gejolak krisis,” ujar Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

Oleh karena itu, program Mastercard Strive Indonesia dimaksudkan untuk memberikan mentoring (pendampingan) terutama untuk para pengusaha perempuan. Program ini akan fokus dalam tiga tujuan, diantaranya mendorong adopsi teknologi digital, memperluas jaringan dan pengetahuan, memberikan akses terhadap permodalan, dan memperkuat ekosistem pendukung usaha kecil.

Navin Jain, President Director PT Mastercard Indonesia menjelaskan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan pemerintah Indonesia telah berupaya untuk memperluas cakupan digitalisasi bagi UMKM yang merupakan salah satu pilar terkuat dalam perekonomian Indoensia.

“Kemitraan ini memperkuat komitmen Mastercard dalam mendukung upaya pemerintah untuk membantu 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada 2024. Dengan mendukung pertumbuhan usaha kecil, kiga juga dapat memperkuat komunitas dan perekonomian lokal,” tutur Navin, Selasa, 4 April 2023. (*) Ayu Utami

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

36 mins ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

7 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

8 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

21 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

22 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

22 hours ago