Ekonomi dan Bisnis

Mastercard Dukung Penciptaan Talenta Digital Pemerintah

Jakarta – Mastercard berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menciptakan talenta digital, memberdayakan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, dan membantu para pekerja menghadapi perubahan cara bekerja.

“Hal ini sejalan dengan komitmen global Mastercard untuk membawa 1 miliar orang dan 50 juta usaha mikro dan kecil menuju ekonomi digital pada tahun 2025,” kata President Director PT Mastercard Indonesia Navin Jain, Selasa, 29 November 2022.

Ia mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah menggaungkan bahwa untuk memaksimalkan sumber daya bangsa, harus ada pendekatan seluruh Indonesia. Artinya berbagai sektor, kementerian, dan lembaga bekerja sama untuk mendorong digitalisasi.

Mastercard menanggapi seruan pemerintah Indonesia kepada para mitra dengan bekerja sama dalam menciptakan ekosistem yang merata di mana setiap orang memiliki alat yang mereka butuhkan untuk berkembang, melalui Mastercard Academy 2.0.

Dalam program ini, Mastercard menjangkau lebih dari 160 ribu penerima manfaat sejak diluncurkan pada 2019. Mastercard berkomitmen terus menjaga momentum dengan menyasar penerima manfaat yang lebih luas dan akan fokus mendukung UMKM Indonesia.

“Percepatan pengembangan SDM adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang merata, inklusif, dan berkelanjutan. Selama lebih dari 15 tahun, Mastercard telah memanfaatkan perannya dalam ekosistem pembayaran untuk mendorong inklusi keuangan,” ucapnya.

Program ini memiliki tiga alur kerja yang menargetkan kelompok yang berbeda. Seperti kurikulum Mastercard Girls4Tech untuk anak perempuan usia sekolah, pelatihan dan sertifikasi keamanan siber untuk siswa kejuruan, dan pendampingan bisnis digital bagi UMKM dan para profesional kelas menengah.

Untuk mensukseskan program ini, Mastercard telah bekerja sama dengan organisasi nirlaba, seperti InfraDigital Foundation, YCAB Foundation, dan Mercy Corps Indonesia, sebagai mitra utama Mastercard Academy 2.0 untuk melakukan berbagai inisiatif.

“Mastercard percaya kolaborasi dapat membawa kemajuan eksponensial. Oleh karena itu, Mastercard akan terus bekerja sama dengan mitra baik dari sektor swasta atau pun publik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan yang merata dan berkelanjutan di seluruh dunia,” ujar dia. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

43 mins ago

Bank NTT Resmi Luncurkan Kartu Kredit Indonesia Berbasis GPN

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan… Read More

56 mins ago

Marak Merchant Tolak Transaksi Uang Tunai, Begini Kata BI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa merchant atau pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai.… Read More

1 hour ago

Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas

Jakarta - BCA Digital memperkuat posisinya di industri perbankan digital Indonesia dengan merespons kebutuhan finansial masyarakat… Read More

1 hour ago

Bergerak Variatif, IHSG Sesi I Ditutup Flat di Level 7.735

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (18/10) ditutup… Read More

4 hours ago

BI Ungkap Muncul Fenomena Masyarakat Terpaksa Kerja dengan Upah kecil

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa terjadi fenomena pergeseran tenaga kerja di berbagai daerah yang berkerja… Read More

4 hours ago