Ekonomi dan Bisnis

Masih Jauh Dari Target, Realisasi KUR Baru Capai Segini

Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat, realisasi penyaluran KUR (kredit usaha rakyat) sampai dengan 20 November 2023 berdasarkan data SIKP (sistem informasi kredit program) sebesar Rp218,40 triliun.

Angka tersebut telah mencapai 73,54 persen dari target penyaluran KUR tahun 2023 sebesar Rp297 triliun kepada 3,93 juta debitur.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Yulius mengatakan, dengan strategisnya program KUR maka perlu langkah bersama untuk memastikan tercapainya penyaluran atau akses KUR yang mampu memberdayakan UMKM tepat sasaran.

Baca juga: Pengamat Minta KUR UMKM Dievaluasi, Ini Alasannya

“Sejalan dengan itu, ranah pengawasan menjadi faktor penting yang perlu digiatkan,” ujar Yulius dalam seminar hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan KUR 2023, Selasa 21 November 2023.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyoroti penyaluran KUR yang masih jauh dari target. Menkeu pun meminta perbankan untuk mengakselerasi penyaluran KUR agar lebih digejot untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dalam APBN tahun 2023.

“Kami minta terutama pada bank-bank penyalur KUR, yang terbesar barangkali BRI dalam hal ini, untuk melakukan extra effort, menyalurkan KUR yang disubsidi bunganya. Mereka bahkan sudah melakukan dengan weekend banking, jadi diharapkan selama weekend, karena ini tinggal 2 bulan lagi,” ungkap Menkeu dalam konferensi pers APBN KiTa Oktober 2023. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago