Masih Ada Ruang Penguatan Rupiah

Masih Ada Ruang Penguatan Rupiah

Penguatan Rupiah terjadi karena data ekonomi Amerika yang belum sesuai ekspektasi. Ria Martati

Jakarta–Mata uang Rupiah hari ini di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) hari ini tercatat menguat cukup signifikan.

Data Bank Indonesia mencatat, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) Rp14.382 menguat 222 poin dibanding hari Senin 5 Oktober 2015 yang tercatat Rp14.604 per USD. Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta memproyeksikan ruang penguatan Rupiah masih ada, kendati dalam jangka pendek.

“Hari ini Rupiah mungkin sedikit tertahan penguatannya walaupun dalam jangka pendek ruang penguatan masih tersedia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 6 Oktober 2015.

Dia mengatakan, Rupiah menguat tajam bersama mata uang lain di Asia menyusul pelemahan Dolar AS. Hal itu juga diikuti oleh penurunan yield SUN serta penguatan tajam IHSG. Suku bunga antarbank juga mulai turun setelah sempat melonjak tajam minggu lalu menandakan kondisi likuiditas jangka pendek mulai pulih.

Sementara dari faktor eksternal, menurut Rangga sepertinya lebih mendominasi penguatan Rupiah dibandingkan faktor domestik. Dari domestik, muncul sedikit optimisme terhadap gelontoran kebijakan ekonomi pemerintah jilid II. Akan tetapi, kemarin World Bank mengikuti langkah ADB untuk memangkas proyeksi pertumbuhan Indonesia menjadi hanya 5.3% YoY di 2016. (*)

Related Posts

News Update

Top News