MAS Perkenalkan Metode Baru Untuk Lawan Penipuan di Bank Digital

MAS Perkenalkan Metode Baru Untuk Lawan Penipuan di Bank Digital

FDS Jelaskan Tantangan Perbankan di Era Digitalisasi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Monetary Authority of Singapore (MAS) memperkenalkan metode terbaru untuk membantu nasabah dalam memerangi penipuan yang terjadi di perbankan. Adapun metode tersebut adalah “tombol darurat” untuk membekukan akun perbankan yang bisa di akses nasabah kapan saja dan dimana saja.

Fitur ini bekerja sama dengan Association of Banks in Singapore (ABS) dan rencananya akan diterapkan secara bertahap hingga implementasi penuh pada akhir Oktober nanti. Adapun metode “tombol darurat” ini akan memberi pilihan kepada nasabah untuk menangguhkan akun perbankan dengan cepat ketika terjadi penipuan maupun peretasan.

“Metode ini berfungsi untuk meminimalkan risiko navigasi ke situs web palsu, nasabah bank sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi mobile banking, bukan browser web. Bank akan terus meningkatkan fungsionalitas aplikasi perbankan mereka, dan membantu pelanggan melakukan transisi ke penggunaan aplikasi ini secara lebih luas,” jelas MAS seperti dikutip dari channelnewsasia, Jumat, 3 Juni 2022.

Selain itu, MAS juga menerapkan konfirmasi tambahan untuk memproses perubahan signifikan pada akun nasabah dan transaksi berisiko tinggi lainnya. Nilai transaksi tertinggi untuk transfer dana online juga dibatasi menjadi S$5.000 atau lebih rendah.

Dengan ini, bank akan mampu memfasilitasi pembekuan akun yang cepat dan memulai operasi pemulihan dana yang bekerja sama dengan Singapore Police Force (SPF) Anti-Scam Centre. Ke depan, MAS juga akan meningkatkan sistem pengawasan penipuan untuk mempertimbangkan skenario penipuan yang lebih luas. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]