Ma’ruf Amin: Pengembangan Ekosistem HVC Akan Dorong Industri Halal

Ma’ruf Amin: Pengembangan Ekosistem HVC Akan Dorong Industri Halal

Ma’ruf Amin: Pengembangan Ekosistem HVC Akan Dorong Industri Halal
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Yogyakarta – Upaya pengembangan industri halal terus dilakukan pemerintah melalui pendekatan yang lebih komprehensif dan berkesinambungan, yakni melalui pengembangan ekosistem halal value chain (HVC).

Hal tersebut diungkapkan Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), yang juga Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dalam acara Islamic Finance Summit 2021, kerja sama Infobank dengan MES, KNEKS, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Tokoh Syariah, di Yogyakarta, Kamis, 30 September 2021.

Menurut Ma’ruf, industri halal turut memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Selain itu, potensi industri halal juga masih sangat besar ke depannya.

“Pengembangan industri halal tidak hanya difokuskan pada produk dan pelaku usaha saja, namun seluruh komponen secara end to end, mulai dari penyediaan bahan baku, proses produksi, distribusi, sampai dengan pemasaran juga terus menjadi perhatian,” katanya.

Ma’ruf Amin mengatakan, pengembangan HVC ini juga mencakup sektor keuangan syariah, baik melalui keuangan komersial syariah maupun keuangan sosial syariah.

“Hal ini penting untuk memperkuat pendanaan keuangan syariah bagi industri halal, baik yang berskala korporasi maupun skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” katanya. (*) Bagus Kasanjanu

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]