Pasar Modal

Manulife Aset Manajemen Indonesia Ramal IHSG Bisa Sentuh Level Segini di Akhir Tahun

Jakarta – PT Manulife Investment Management Indonesia (MAMI) menyatakan bahwa pasar finansial Indonesia terus menunjukkan potensi yang menarik hingga akhir tahun. Hal ini didorong oleh inflasi yang melandai, upah yang meningkat, dan sentimen tahun politik yang diharapkan dapat mendorong konsumsi domestik lebih tinggi.

Dengan potensi pasar finansial Indonesia yang masih menarik, Senior Portfolio Manager, Equity MAMI, Samuel Kesuma, CFA, memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) masih dapat menyentuh level 7.700 hingga akhir 2023.

Baca juga: 3 Sektor Ini Bakal Dongkrak IHSG hingga Akhir Tahun

“Pertumbuhan profitabilitas perusahaan yang baik, pandangan positif investor asing terhadap Indonesia dan valuasinya yang atraktif diharapkan dapat menjadi faktor pendorong pasar saham (IHSG) ke depannya,” ucap Samuel dalam keterangannya di Jakarta, 15 Agustus 2023.

Kemudian, Samuel juga telah melihat beberapa sektor yang akan diuntungkan oleh kondisi ekonomi Indonesia yang kuat saat ini, di antaranya adalah sektor yang terkait dengan green economy, juga investasi di industri electronic vehicle secara organik yang akan meningkatkan permintaan bahan mineral.

“Selain itu, sektor finansial juga akan diuntungkan oleh ekonomi Indonesia yang kuat dan likuiditas yang masih cukup tinggi. Hal ini memungkinkan perbankan untuk meningkatkan marjin sambil menjaga kualitas kredit. Sektor lainnya yaitu sektor telekomunikasi, di mana persaingan di sektor ini ada indikasi mulai membaik,” imbuhnya.

Baca juga: Jaga Kinerja dan Stabilitas Pasar Modal, OJK Terbitkan Aturan Baru, Ini Rinciannya

Samuel berharap pasar saham semakin atraktif menjelang akhir tahun dengan horizon investasi yang panjang. Hal ini karena saham menawarkan entry point atau titik awal investor bertransaksi dan upside potensial atau peluang keuntungan yang menarik.

“Valuasi yang cenderung rendah membuat pergerakan pasar tidak terlalu sensitif terhadap goncangan di pasar finansial, mengurangi risiko downside. Kami memperkirakan IHSG dapat menyentuh level 7700 pada akhir tahun 2023,” ujar Samuel. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

4 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

5 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

18 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

18 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

19 hours ago