News Update

Mandiri Syariah Bidik 20 Ribu Mercant Implementasikan QRIS

Jakarta – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) membidik 20 ribu mercant baru untuk dapat mengimplementasikan layanan pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Direktur IT, Operation & Digital Banking Mandiri Syariah Achmad Syafii menjelaskan, saat ini Mandiri Syariah sudah memiliki lebih dari tiga ribu merchant, yang terdiri dari merchant komersial dan juga masjid.

“Insya Allah, dalam waktu dekat kami akan mendaftarkan sekitar 20 ribu debitur pembiayaan mikro segmen perdagangan untuk dijadikan merchant transaksi QRIS,” kata Achmad di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

Di tempat yang sama, Group Head Digital Banking Sales and Partnership Mandiri Syariah Riko Wardhana menambahkan, Bank Indonesia (BI) sebagai regulator memang sedang menggencarkan penerapan QRIS. Menurutnya transaksi dengan QRCode sangat cocok untuk milenial dan lebih simple dalam hal pembayaran.

“Metode pembayaran ini sangat cocok bagi kaum milenial yang sudah sangat familiar dengan gadget dan teknologi. Sementara bagi merchant yang cepat mengikuti trend pembayaran secara non-tunai atau digital akan lebih berpotensi meningkatkan market dan traffic penjualannya,” ucap Riko.

Achmad Syafii menyatakan, bahwa Mandiri Syariah terus mensosialisasikan metode pembayaran kode respons cepat yang berstandar nasional atau dikenal sebagai QRIS. Pada hari ini (6/3) Mandiri Syariah pun mensosialisasikan transaksi tersebut di kawasan Pasar Mayestik.

Dirinya menjelaskan, pasar Mayestik identik dengan mendukung industri UMKM. Dirinya menyampaikan sosialisasi ini merupakan implementasi dan bukti dukungan Mandiri Syariah atas metode pembayaran non-tunai Bank Indonesia dimana mulai 1 Januari 2020 wajib menggunakan QRIS.

Menurutnya, Mandiri Syariah adalah bank syariah pertama yang menjadi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) implementasi QRIS. “Alhamdullilah, kami bersyukur mendapat kesempatan berkontribusi dalam program Pemerintah khususnya integrasi ekonomi keuangan digital nasional dan pengembangan UKM di Indonesia melalui implementasi QRIS,” ujar Achmad.

QRIS merupakan solusi pembayaran digital yang mudah, cepat dan nyaman bagi masyarakat. Masyarakat cukup mengakses Mandiri Syariah Mobile dan memindai QR code di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan PJSP tanpa perlu melakukan top up.

Menariknya, merchant-merchant Mandiri Syariah yang sudah menggunakan QRIS dapat menerima pembayaran dari semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah mengimplementasikan QRIS, baik itu perbankan maupun aplikasi uang elektronik atau dompet elektronik.

Selain itu dengan adanya QRIS, transaksi pembayaran menjadi lebih cepat, sistematis, otomatis. Dan bagi merchant uang hasil penjualan langsung tersimpan di bank yang artinya lebih aman dan bisa dimonitor setiap saat.

Hingga saat ini, Mandiri Syariah sudah memiliki lebih dari tiga ribu merchant, yang terdiri dari merchant komersial dan juga masjid. Sementara hingga Februari 2020, terdapat 1200 masjid di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama menggunakan QRIS Mandiri Syariah. (*) Dikcy F Maulana & Suheriadi

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Deflasi 5 Bulan Beruntun Tak Bikin Pemerintah Resah, Ini Alasannya

Jakarta – Perekonomian Tanah Air mengalami deflasi selama 5 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2024. Adapun BPS… Read More

46 mins ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,58 Persen ke Level 7.500

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (4/10) kembali… Read More

1 hour ago

Emiten Ritel Mitra10 (CSAP) Umumkan Kerja Sama dengan Paper.id, Ini Sederet Keuntungannya

Jakarta - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) sebagai emiten yang bergerak di bidang ritel… Read More

2 hours ago

Hingga September 2024, Penyaluran KUR Bank Mandiri Tembus Rp32,20 Triliun

Jakarta - Bank Mandiri mencatat hingga akhir September 2024 realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)… Read More

3 hours ago

Kemenkeu Gali Potensi Keuangan Publik Islam untuk Perekonomian RI

Jakarta – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menyatakan pemerintah akan memanfaatkan potensi keuangan publik Islam… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Tekankan Pentingnya Inovasi Pembiayaan bagi UMKM

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkomitmen mendukung pertumbuhan usaha tak hanya di kelas… Read More

4 hours ago