Mandiri Kenalkan Konsep Pengembangan SDM di Harvard

Mandiri Kenalkan Konsep Pengembangan SDM di Harvard

Jakarta –Bank Mandiri mengenalkan konsep pengembangan sumber daya manusia (SDM) perseroan di forum international Harvard University. Forum bertajuk 21st Century Education Forum di Martin Conference Center Harvard University, Boston, Amerika Serikat itu dihadiri oleh para peneliti dan praktisi pendidikan di seluruh dunia.

Direktur Compliance and Human capital Bank Mandiri Agus Dwi Handaya mengemukakan, pengalaman Bank Mandiri dalam membangun sumber daya manusia dalam menghadapi era industry 4.0 menarik minat para peneliti dan praktisi pendidikan.

“Kami mengenalkan konsep unik dalam pengembangan SDM, yaitu Mandiri 5 Cores Triangle (Capability, Culture & Ethic, Leadership, Mindset & Purpose). Konsep ini menjadi platform fundamental dalam pengembangan sumber daya manusia yang memastikan kelima aspek tersebut dijalankan secara berimbang dan menyeluruh,” ujar Agus dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Minggu, 18 November 2018.

21st Century Education Forum merupakan forum peneliti dan praktisi pendidikan global yang berdedikasi untuk menggali berbagai potensi penelitian tentang pendidikan yang dapat mempengaruhi pembentukan kebijakan dan praktik pendidikan. Tahun ini, ajang tersebut diselenggarkan di Harvard University yang melibatkan 50 pembicara dari berbagai Negara yang membahas tentang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Bank Mandiri pun terpilih sebagai perwakilan Indonesia untuk mengulas tentang Surviving and Thriving in Fourth Industrial Era of Financial Industry. “Kami bersyukur dapat membawa Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia di kancah internasional, setelah sebelumnya Bank Mandiri juga didaulat oleh Forbes 2000 sebagai tempat bekerja terbaik urutan 11 dunia, sejajar dengan berbagai perusahaan top dunia lain,” ucapnya.

Dalam mengembangkan SDM, kata dia,, Bankdiri menggunakan pendekatan The integrated-solution approach to leadership development, yang salah satunya dijalankan melalui Middle Management Development Program (MDP) sejak tahun 2014. Program ini merupakan salah satu pengembangan SDM Bank Mandiri yang strategis, sinergis dan berkesinambungan melalui kerjasaman dengan top Business School global.

Dengan demikian, Bank Mandiri dapat terus mengembangkan talent-nya untuk dapat merespon dan mengantisipasi perkembangan dunia yang penuh dengan volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas.
Program kepemimpinan yang integrated ini didukung oleh komitmen yang kuat dari top management level, materi konten yang strategis dan metode pembelajaran yang transformatif seperti action learning project.

Professor Robert J King dari American Military University mengemukakan bahwa presentasi Bank Mandiri memberikan prespektif unik karena menjelaskan pendekatan terkini (cutting edge) yang  mengintegrasikan berbagai komponen hard & soft aspects secara komprehensif dalam mengembangkan SDM dalam mempersiapkan pegawainya dalam menghadapi era industry 4.0.

Hal senada disampaikan Professor of Health Science di American Military University Dr. Lisa Miller, dalam keynote speech-nya Profesor Lisa tertarik pada penerapan Mandiri 5 Cores Triangle People Development, khususnya terkait dengan growth mindset dan konsep My Mandiri My Home di industri keuangan seperti Bank Mandiri, yang menjadikan pegawainya super happy dan super produktif. (*)

Related Posts

News Update

Top News