Keuangan

Mandala Finance Genjot Pembiayaan Kendaraan Roda Empat, Tumbuh Berapa?

Jakarta – PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) terus menggenjot penyaluran pembiayaan kendaraan roda empat yang trennya menggeliat pada momen Idulfitri 2024.

Managing Director PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Christel Lasmana mengatakan, di usia penyaluran pembiayaan mobil di Mandala yang seumur jagung, tren pembiayaan sektor mobil pada momen Lebaran terbilang cukup positif.

“Sebenarnya pembiayaan mobil kami baru akhir tahun kemarin, sehingga untuk trennya karena kita dimulai dari nol. Jadi trennya masih bertumbuh sesuai dengan pembukaan dan juga penyaluran pembiayaan yang seiring bertumbuh kita perluas di 2024,” jelas Christel, dalam Publik Ekspose di Jakarta, dikutip Kamis, 25 April 2024.

Meski begitu, dirinya enggan menyebutkan berapa angka pasti pertumbuhan pembiayaan kendaraan roda empat tersebut. Ia menegaskan pertumbuhan pembiayaan mobil di momen Lebaran kemarin cukup baik. 

Baca juga : Adira (ADMF) Resmi Akuisisi 10 Persen Saham Mandala Finance, Segini Nilai Transaksinya

“Secara angka akan di share lebih lanjut, namun untuk pertumbuhannya terlihat bagus sesuai dengan rencana ekspansi kami terkait pengadaan produk kami tersebut,” bebernya.

Adapun untuk target, pihaknya belum dapat memastikan pertumbuhan penyaluran pembiayaan mobil ke depannya. 

Dia mengatakan saat ini fokus pihaknya masih pada segmen pembiayaan kendaraan roda dua alias motor. Namun, perusahaan akan melakukan langkah rebalance portofolio.

“Kalau target memang tidak sesignifikan roda dua, karena memang fokus kami masih di roda dua, namun kita akan rebalance portofolio kami,” pungkasnya.

Proyeksi Pertumbuhan Dua Digit

Berdasarkan rilis yang diterima Infobanknews, sepanjang tahun 2023, Mandala berhasil mempertahankan performa stabil dengan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp5,5 triliun. 

Baca juga : Apa Kabar Proses Akusisi Mandala Finance? Ini Jawaban Bos Adira Finance

Angka ini menunjukkan komitmen Mandala dalam menyalurkan pembiayaan yang sesuai dengan siklus kehidupan pelanggan. Termasuk, pembiayaan kendaraan roda dua baru dan bekas, serta pembiayaan multiguna untuk berbagai keperluan modal kerja sektor produktif, khususnya untuk usaha yang berskala mikro dan kecil. 

Pada 2024, Mandala optimis dengan proyeksi pertumbuhan dua digit dalam penyaluran pembiayaan kepada masyarakat, sejalan dengan outlook positif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pertumbuhan industri pembiayaan sebesar 10–11% di tahun 2024. 

Selain Indonesia yang menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, peluang dari pemerintahan baru di tahun 2024 juga menjadi prospek pertumbuhan dan perkembangan penetrasi pasar yang lebih luas. 

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

6 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

13 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

14 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago