Keuangan

Makin Mudah! Kini Naik MRT Bisa Bayar Pakai Kredivo

Jakarta – PT MRT Jakarta (Perseroda) resmi mengadakan kerja sama dengan Kredivo terkait dengan pembayaran moda transportasi umum MRT. Kini, pengguna MRT bisa membayar tiket perjalanan mereka menggunakan produk buy now pay later (BNPL) atau paylater milik Kredivo.

Lily Suriani, Direktur Pemasaran dan Strategi Kredivo mengungkapkan, pembicaraan kerja sama Kredivo dengan MRT sudah berlangsung sejak lama. Pihaknya mengaku senang karena bisa berkolaborasi dengan MRT sebagai alat bayar, dan berharap bisa menguntungkan kedua pihak.

“Kerja sama ini kita harapkan adalah sesuatu yang bisa mengembangkan benefit dari kedua belah sisi, terutama dari penggunaan paylater di masyarakat Indonesia yang meningkat,” ungkap Lily di Stasiun MRT Bundaran HI Bank DKI, pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Baca juga: Kredivo Catat Pengguna Paylater 36 Tahun ke Atas Capai 39 Persen

Lily juga berujar, kerja sama dengan MRT ini merupakan cara Kredivo untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Roadmap Keuangan Berkelanjutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di sisi lain, Rina Lilianova, Commercial and Retail Division Head MRT, menjelaskan bahwa kedua pihak berusaha untuk memenuhi kebutuhan pengguna MRT dalam membeli tiket. Apalagi, saat ini penumpang MRT sudah mencapai 120 ribu orang per harinya.

“Dengan adanya Kredivo yang bisa bekerja sama di sistem pembayaran MRT Jakarta ini merupakan terobosan baru bagi MRT Jakarta,” papar Rina.

Baca juga: Indonesia-Jepang Teken Kerja Sama Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A

Sebagai penutup, baik MRT dan Kredivo berjanji akan memperkuat kolaborasi di ekosistem dari masing-masing pihak.

Cara membayar tiket MRT menggunakan Kredivo

Untuk membeli tiket memakai Kredivo, pengguna harus terlebih dahulu memiliki aplikasi MyMRTJ dan Kredivo. Dari sana, pengguna bisa memilih stasiun MRT keberangkatan dan stasiun MRT destinasi.

Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke bagian pembayaran. Di sini pengguna bisa memilih Kredivo sebagai metode pembayaran.

Selenjutnya setelah proses transaksi usai, pengguna bisa memindai kode QR untuk tiket masuk. Tiket yang dibayar memakai Kredivo akan ditagih 30 hari setelah transaksi dilakukan.

Saat ini, MRT sendiri memiliki sejumlah metode transaksi, mulai dari menggunakan kartu elektronik sampai dengan kode QR.

Kartu elektronik masih menjadi metode pembayaran paling populer, disebut memiliki jumlah transaksi mencapai 80 persen. Sisanya merupakan pembayaran elektronik memakai aplikasi. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Yulian Saputra

Recent Posts

Komitmen Jaga Integritas, Bank Mandiri Gencarkan Kampanye Pemrosesan Data Pribadi

Jakarta – Menyusul penerapan efektif Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) No. 27 Tahun 2022… Read More

26 mins ago

Kredivo Tengah Jajali Pembayaran Paylater di Sektor Transportasi, Begini Strateginya

Jakarta - PT Kredivo Finance (Kredivo) tengah mengintip peluang pembayaran buy now pay later (BNPL)… Read More

51 mins ago

BI Tahan Suku Bunga, IHSG Siap ‘Ngegas’ Lagi?

Jakarta - Bank Indonesia (BI) pada hari ini (16/10) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan… Read More

1 hour ago

Bos BI Proyeksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 50 Bps di Sisa Akhir 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed masih akan membuka… Read More

1 hour ago

BI Bebaskan Biaya QRIS bagi Merchant Usaha Mikro Mulai 1 Desember 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menerapkan Merchant Discount Rate (MDR) QRIS sebesar 0 persen untuk… Read More

1 hour ago

Transaski QRIS Makin Diminati, Artajasa Jalin Kerja Sama dengan 13 Perusahaan Pembiayaan Elektronik di Asia

Lombok - PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) menyatakan akan terus mengembangkan transaksi pembayaran elektronik Quick… Read More

2 hours ago