Internasional

Makin Brutal! Serangan Israel Tewaskan 3 Jurnalis di Gaza

Jakarta – Tak hanya warga sipil dan tentara, konflik Israel-Hamas juga ‘menyerang’ para jurnalis. Terbaru, pada akhir pekan lalu, ada tiga jurnalis yang harus meregang nyawa dalam serangan Israel di Gaza.

Menukil Reuters, 20 November 2023, Committee to Protect Journalists (CPJ) yang berbasis di New York mengatakan bahwa kematian pada akhir pekan ini menambah jumlah jurnalis dan pekerja media yang telah dikonfirmasi terbunuh di wilayah tersebut menjadi 48 orang sejak serangan Hamas pada 7 Oktober dan disusul serangan Israel berikutnya.

CPJ mengatakan bahwa tengah mencari setidaknya dua sumber untuk memverifikasi setiap kematian jurnalis akibat serangan Israel. Daftar mereka yang terbunuh terdiri dari 43 orang Palestina, empat orang Israel, dan satu orang Lebanon.

Baca juga: Akun Medsos Tersebar, Tentara Israel Kena Mental ‘Dirujak’ Warganet RI

Koordinator program CPJ untuk Timur Tengah dan Afrika Utara mengatakan para jurnalis di seluruh wilayah menjadi korban saat meliput konflik yang memilukan ini.

”Mereka yang berada di Gaza, khususnya, terus menjadi korban dan selalu menghadapi ancaman yang sangat besar,” ujar Mansour seperti dikutip Reuters.

Pada Minggu, Belal Jadallah, seorang jurnalis dan kepala dewan Press House-Palestina, sebuah organisasi non-pemerintah, terbunuh dan saudara iparnya yang seorang apoteker terluka parah. Kejadian ini diungkap oleh saudara perempuannya dan kerabat lainnya.

Jadallah memberi tahu saudara perempuannya pada Minggu sebelumnya bahwa dia akan keluar dari Kota Gaza menuju selatan. Dia dibunuh di daerah Zeitoun di Kota Gaza.

Orang-orang yang menemukannya dan membawanya ke pusat medis, namun dia dinyatakan meninggal. Saksi mengatakan, dia dibunuh oleh tembakan tank Israel.

Reuters belum dapat memverifikasi secara independen laporan ini atau laporan dua jurnalis lainnya yang terbunuh akhir pekan ini akibat serangan Israel di Gaza.

Baca juga: Adu Kekuatan Militer Indonesia vs Israel, Siapa Pemenangnya?

Empat kerabat Jadallah bekerja untuk Reuters di Gaza atau di luar negeri. Salah satu jurnalis yang termasuk dalam daftar korban tewas CPJ adalah jurnalis Reuters Issam Abdallah yang terbunuh di Lebanon dekat perbatasan dengan Israel pada 13 Oktober lalu.

Selain Jadallah, dua jurnalis lepas, yakni Hassouna Sleem dan Sary Mansour, tewas pada Sabtu dalam serangan Israel di kamp pengungsi Bureij, di pusat Jalur Gaza, menurut kerabat mereka dan pejabat kesehatan Palestina.

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai kematian jurnalis Jadallah atau lainnya. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago