Ekonomi dan Bisnis

Luar Biasa! Laba PLN Lompat Tembus Double Digit

Jakarta – PT PLN (Persero) membukukan kinerja positif pada tahun 2022. Tercatat, laba bersih PLN melonjak menjadi Rp14,4 triliun pada 2022. Nilai tersebut lebih tinggi 124% dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp6,4 triliun.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perusahaan berhasil melewati masa sulit yang kala itu diprediksi banyak korporasi bertumbangan. Transformasi yang dilakukan PLN menjadi kunci keberhasilan perusahan.

Melalui transformasi pula, PLN berhasil mengubah paradigma dan cara kerja menjadi lebih lincah dan produktif sehingga tak sekedar meningkatan pendapatan namun berhasil melakukan efisiensi operasional maupun keuangan perusahaan.

“Capaian ini bukan sekadar angka. Di balik itu semua, ada kerja keras, dedikasi, dan loyalitas seluruh insan PLN yang melakukan transformasi dengan fondasi digitalisasi. Menata seluruh proses bisnis menjadi unified, yang terfragmentasi menjadi streamlined,” jelasnya dikutip 3 Mei 2023.

Diketahui, PLN berhasil meningkatkan penjualan listrik sebesar 6,3% dari 257,6 Terrawatt hour (TWh) pada tahun 2021, menjadi 273,8 TWh pada tahun 2022.

Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan tenaga listrik 7,7% dari Rp288,9 triliun pada tahun 2021, menjadi Rp311,1 triliun pada tahun 2022.

Pihaknya mengungkapkan, keberhasilan tersebut berkat upaya efisiensi melalui transformasi digital yang dilakukan secara end to end.

Mulai dari digitalisasi sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, pengendalian sistem keuangan, hingga sistem monitoring aset, hasilnya proses bisnis lebih efektif dan tepat sasaran.

Berkat seluruh upaya tersebut, layanan PLN yang sebelumnya banyak dikeluhkan pelanggan, kini mendapat apresiasi baik secara langsung maupun disampaikan melalui aplikasi PLN Mobile.

Bahkan, PLN mendapatkan pengakuan dari para stakeholder berupa lebih dari 300 penghargaan yang diterima sepanjang 2022.

“Sebagai jantungnya perekonomian Indonesia, PLN berkomitmen terus meningkatkan kinerja demi menghadirkan listrik andal, terjangkau, dan berkelanjutan. PLN juga terus mengakselerasi transisi energi demi mencapai kemandirian dan kedaulatan energi nasional,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

5 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

5 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

5 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

6 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

6 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

6 hours ago