Ekonomi dan Bisnis

LRT Jabodebek Siap Uji Coba, Efektivitas Ekonomi Masyarakat Ikut Meningkat

Jakarta – Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan melakukan uji coba dengan penumpang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 mendatang dan akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 18 Agustus 2023.

Dengan hadirnya LRT Jabodebek, tentunya memberikan pilihan baru atas moda transportasi umum bagi masyarakat di luar Jakarta selain dari Kereta Rel Listrik (KRL) ataupun Transjakarta dan juga hal tersebut nantinya dapat memberikan efektivitas bagi ekonomi sekitarnya.

Meskipun LRT Jabodebek saat ini belum beroperasi secara resmi, tentunya efektivitas untuk ekonomi masyarakat sekitar juga akan dirasakan bertahap sejalan dengan waktu operasional resmi yang telah ditentukan.

Baca juga: Kemenhub Intensif Lakukan Pengujian LRT Jabodebek

Namun, adanya efektivitas bagi dampak ekonomi masyarakat sekitar, dapat dilihat dari dimulainya operasional LRT Jakarta sebelumnya pada 1 Desember 2019 yang mencatatkan peningkatan pendapatan sewa menyewa menjadi Rp1,96 miliar dari Rp1,43 miliar atau tumbuh 37,44% di sepanjang tahun 2022, dikutip dari laporan keuangan LRT Jakarta.

Tidak hanya itu, LRT Jakarta juga telah merealisasikan biaya program tanggung jawab sosial bidang pengembangan sosial dan kemasyarakatan sebesar Rp296,5 miliar untuk program TJSL Social Enviromental Responsibility di tahun 2022.

Sehingga, berkaca dari hal tersebut, LRT Jabodebek pun diharapkan dapat memberikan efektivitas bagi ekonomi masyarakat yang lebih baik lagi, karena memiliki rute yang lebih luas, dimana menghubungkan Jakarta dengan kota lain di sekitarnya.

Baca juga: KAI Logistik Dorong Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Adapun, LRT Jabodebek nantinya akan memiliki empat rute yang menghubungkan wilayah Bogor, Depok dan Bekasi dengan Jakarta, dimana rute tersebut adalah Dukuh Atas-Harjamukti, Dukuh Atas-Jatimulya, Harjamukti-Dukuh Atas, dan Jatimulya-Dukuh Atas.

Sedangkan untuk tarif kereta ringan atau LRT Jabodebek ini ditetapkan sebesar Rp5.000 untuk kilometer (km) pertama atau jarak terdekat, dan selanjutnya Rp700 per km. Moda transportasi terbaru itu akan dikenalkan masyarakat pada Rabu, 12 Juli 2023, dengan tarif Rp1. Bulan berikutnya, tepatnya pada Jumat, 18 Agustus 2023, LRT Jabodebek beroperasi secara komersial. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

39 mins ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

47 mins ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

1 hour ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

3 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

16 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

16 hours ago