News Update

LPS Waspadai Erosi Kepercayaan Deposan Akibat Covid-19

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)  Halim Alamsyah mengatakan, ditengah pandemi covid-19 secara global kepercayaan deposan bisa mengalami penurunan tajam atau erosi. Meski begitu, menurutnya Pemerintah Indonesia telah mampu mengambil langkah mitigasi dengan pemberian stimulus di sektor perekonomian.

“Saya sampaikan efisiensi yang terjadi di beberapa perushaaan dengan PHK ini di situasi internal kita dalam negeri. Sedangkan di luar negeri juga (pandemi covid-19) itu membuat pemilik dana di pasar uang untuk mitigasi risiko dan entu menyebabkan folatilitas. Dampaknya di perbankan menyebabkan situasi kepercayaan deposan akan tererosi,” jelas Halim melalui video conference pada acara diskusi dengan media di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020.

Halim menambahkan, pandemi covid-19 telah berpotensi mengganggu bisnis perbankan baik sisi suply dan demand ekonomi sehingga mulai berpengaruh terhadap tabungan masyarakat.

Menurutnya, pandemi telah menyebabkan konsumsi masyarakat yang menurun, bahkan banyaknya PHK serta pemotongan pendapatan karyawan di perusahaan berpotensi mengganggu Dana Pihak Ketiga Perbankan (DPK) namun pihaknya optimis Pemerintah dapat mengatasi hal tersebut.

“Saya sampaikan angka BPS masih bagus semua tapi sebentar lagi saat Kuartal-II mulai berakhir angka-angka bps kemungkinan akan cukup memperhatinkan karena situasi permintaan kita akan turun,” kata Halim.

Sebagai informasi saja, LPS mencatat kredit perbankan pada periode Maret 2020 tumbuh sebesar 7,95 persen tahunan (y/y), sementara dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 9,54 persen secara y/y.

Pretumbuhan DPK yang cenderung lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit yang membuat LDR masih cukup longgar yaitu di level 91,92 persen. Adanya peningkatan pertumbuhan kredit sepanjang periode Maret disebabkan pertumbuhan kredit valas dan modal kerja yang meningkat. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

5 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

8 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

8 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

8 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

9 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

22 hours ago