News Update

LPS: Penurunan Bunga Deposito masih Berlanjut

Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat masih adanya tren penurunan suku bunga deposito rupiah, meskipun cenderung lebih lambat bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dikutip berdasarkan data LPS, di Jakarta, Kamis 25 Juni 2020, suku bunga deposito maksimum dan average untuk simpanan dalam Rupiah terpantau masih turun masing-masing sebesar 10 bps dan 10 bps sementara suku bunga deposito minimum turun 10 bps sejak akhir kuartal I 2020.

Suku bunga deposito rupiah tenor 1 bulan dan 3 bulan per 5 Juni 2020 adalah sebesar 6,29 persen. Sementara suku bunga deposito rupiah terendah dan rata-rata masing-masing sebesar 4,51 persen dan 5,40 persen,” kata Iman Gunadi, Direktur Group Surveilans dan Stabilitas Sistem Keuangan LPS.

Sementara itu, untuk suku bunga deposito maksimum dan average untuk simpanan valuta asing juga masih mengalami penurunan 14 bps dan 12 bps sementara suku bunga minimum turun 10 bps sejak akhir kuartal I 2020. “Kami harapkan subung deposito di bank masih alami tren penurunan,” tambah Iman.

Di tengah pandemi Covid-19 kepercayaan masyarakat untuk menabung masih stabil. Iman menyebut, hingga akhir Mei 2020, jumlah rekening yang dijamin LPS adalah sebesar 99,91% dari total rekening atau setara dengan 312.849.044 rekening. Sedangkan secara nominal jumlah simpanan yang dijamin mencapai 53,08% dari total simpanan atau setara dengan Rp3.320,06 triliun. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

21 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

23 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

54 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

2 hours ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago