Keuangan

LPS Dalami Kajian Penjaminan Dana Dompet Digital

Jakarta– Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengaku masih terus mengkaji dan mendalami rencana penjaminan dana masyarakat dalam platform dompet digital seperti OVO dan GOPAY.

Hal tersbut disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti dalam Diskusi 100 Ekonom Perempuan Memandang Indonesia Ke Depan, yang dihadiri sekitar 200 peserta, baik itu ekonom, pengusaha, akademisi, profesional, dan LSM di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Selasa (26/3).

Destry menyebut, pihaknya saat ini bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih memastikan produk dana dompet digital merupakan instrumen simpanan berbasis bank.

“Kita masih bicara paling tidak ada kepastian dulu dengan OJK juga. Bahwa apakah ini akan masuk sebagai produk simpanan dan apakah yang mengeluarkan bank atau bukan,” kata Anggota Dewan Komisioner LPS, Destry Damayanti di Jakarta, Selasa 26 Maret 2019.

Dirinya mengaku, pihaknya tidak menutup kemunginan untuk menjamin produk tersebut seiring dengan perkembangan ekonomi digital yang semakin pesat.

Destry menjelaskan, dalam Undang-Undang (UU) yang berlaku, LPS selama ini hanya bertugas menjamin produk simpanan yang dikeluarkan oleh perbankan. Sehingga, untuk menyasar dompet digital pihaknya butuh regulasi yang lebih jelas dan terarah.

“Karena gini, kita juga sebagai regulator harus melek juga terhadap perkembangan teknologi. Yang perlu kita definisikan dulu adalah bahwa pertama apakah produk ini yang namanya simpanan,” tukas Destry. (*)

Suheriadi

Recent Posts

Profil Trio Wamenkeu Pendamping Sri Mulyani di Kabinet Prabowo: Thomas Djiwandono, Suahasil Nazara, dan Anggito Abimanyu

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menunjuk tiga orang yang bakal menjadi Wakil Menteri… Read More

13 mins ago

BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6 Persen pada Oktober

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga atau BI Rate sebesar 6… Read More

57 mins ago

Fintech Batumbu Rombak Jajaran Komisaris dan Direksi, Ini Susunan Terbarunya

Jakarta – PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu), perusahaan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) atau fintech lending, bagian dari… Read More

1 hour ago

Tugu Insurance Wujudkan Pelestarian Ekosistem Guna Dukung Ekowisata

Jakarta - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) sebagai anak perusahaan dari PT… Read More

2 hours ago

OJK Luncurkan Program EPIKS Dorong Literasi dan Inklusi Syariah

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Selasa (15/10) meluncurkan Ekosistem Pondok Pesantren Inklusif Keuangan… Read More

2 hours ago

Berikut Profil Mentereng Stella Christie yang Dirumorkan bakal jadi Wamen Ristek

Jakarta – Susunan kabinet yang diracik Presiden terpilih Prabowo Subianto tak hanya dimonopoli oleh tokoh… Read More

2 hours ago