Keuangan

Lonjakan Pengguna Kredivo Naik di Ramadan 2024, Mayoritas Pria Milenial

Jakarta – Perusahaan kredit digital atau paylater, Kredivo melaporkan lonjakan pengguna transaksi perusahaan selama Ramadan 2024. Di mana, rata-rata pengguna transaksi paylater sebanyak 5 kali.

Berdasarkan rilis Kredivo, dalam periode waktu yang sama, mayoritas pengguna Kredivo menggunakan promo cicilan 0 persen tenor 6 bulan dan promo bebas 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan dalam melakukan transaksi. Adanya promo menjadi alasan terbesar ketiga dari penggunaan Paylater.

Di sini lain, selama Ramadan 2024, jumlah pengguna Paylater masih didominasi oleh generasi muda. Tercatat, 71 persen pengguna Kredivo memiliki umur di bawah 35 tahun, sedangkan umur di atas 35 tahun hanya sebanyak 29 persen. 

Baca juga : Makin Populer, Kredivo Beberkan Sejumlah Hal Penting Ini Sebelum Manfaatkan Paylater

“Apabila dilihat dari jenis kelamin, pengguna Kredivo aktif pria masih mendominasi sebanyak 58% dan pengguna aktif wanita sebesar 42 persen,” tulis keterangan tersebut.

Adapun, penggunaan Kredivo di wilayah non-Jabodetabek mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Di samping itu, jumlah transaksi di luar Pulau Jawa juga naik sebesar 37 persen dibanding Ramadan 2023. Kenaikan ini terutama terlihat di kota-kota prioritas Kredivo, seperti Medan, Batam, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda, Denpasar, Manado, dan Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Paylater semakin meluas dan semakin populer di berbagai wilayah. 

Baca juga : Gandeng Kredivo, Bank DBS Indonesia Salurkan Pinjaman ke 1 Juta Debitur

Seiring dengan meningkatnya tren belanja offline serta makin intensifnya penetrasi Kredivo ke merchant offline, jumlah dan nilai transaksi Kredivo di merchant offline selama Ramadan 2024 meningkat masing-masing 4 kali lipat dan 3 kali lipat dibandingkan pada Ramadan tahun sebelumnya. 

Di mana, penggunaan Kredivo selama Ramadan 2024 mencapai puncaknya pada periode awal hingga pertengahan Ramadan 2024 (12 hingga 31 Maret 2024). 

“Terdapat peningkatan signifikan dalam penggunaan untuk kategori belanja groceries pada awal Ramadan, dan untuk kategori fesyen pada pertengahan Ramadan,” tambahnya.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan Paylater untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadan sebelum menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan. (*) 

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

2 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago