Analisis

LMAN Buka-bukaan soal Nasib Aset Rumah Dinas DPR


Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengeklaim siap apabila ditugaskan untuk mengelola rumah dinas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Seperti diketahui, DPR mengumumkan bahwa Anggota DPR RI periode 2024–2029 tidak lagi mendapatkan fasilitas rumah dinas dan diganti dengan tunjangan rumah dinas atau rumah jabatan.

Hal itu diketahui melalui Surat Sekretariat Jenderal DPR RI Nomor B/733/RT.01/09/2024 perihal penyerahan kembali rumah jabatan anggota.

Surat yang ditandatangani pada 25 September 2024 itu memerintahkan anggota DPR yang terpilih maupun yang tidak untuk meninggalkan rumah dinasnya masing-masing.

Baca juga: Lembaga Manajemen Aset Negara Bukukan PNBP Rp3,2 Triliun hingga Oktober

Adapun alasan anggota dewan periode 2024-2029 tidak lagi mendapat fasilitas rumah dinas atau rumah jabatan dikarenakan kondisi rumah jabatan anggota (RJA) DPR sebagian besar kondisinya sudah rusak parah sehingga tidak layak dihuni lagi. Sehingga, jika dipertahankan maka biaya pemeliharaan akan lebih membengkak.

Dalam hal ini, rumah dinas tersebut akan diserahkan kembali ke negara atau pengelolanya yakni Kementerian Keuangan karena selama ini DPR hanya pengguna aset dari Kemenkeu.

Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan LMAN, Candra Giri Artanto mengatakan. memang saat ini belum ada pembahasan terkait nasib aset rumah dinas para DPR RI di Kawasan Kalibata, Jakarta.

“Untuk rumah dinas belum bisa menjawab kami belum ada informasi. Kami siap kalau ditugaskan ke depannya,” ujar Candra dalam Media Briefing LMAN, Senin, 7 Oktober 2024.

Baca juga: MGK Serang Jadi Perumahan Subsidi Pertama Peraih Sertifikat Bangunan Gedung Hijau Kategori Utama

Sementara itu, Direktur Hukum dan Humas DJKN, Tedy Syandriadi juga menyebut bahwa untuk rumah dinas DPR masih dalam proses pembahasan di DJKN.

“Perlu kami informasikan untuk rumah dinas DPR masih dalam proses pembahasan di DJKN, jadi masih belum ada wacana-wacana kedepannya,” pungkasnya. (*)

Editor: Yulian Saputra

Irawati

Recent Posts

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Head, SME Banking Maybank Indonesia memberikan sambutan saat acara The Asian Experience Awards 2024, di… Read More

53 mins ago

Mandiri Inhealth Perkuat Dampak Sosial ke Masyarakat Lewat Cara Ini

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) terus memperkuat komitmen dalam memberikan dampak positif bagi… Read More

2 hours ago

LMAN Kucurkan Rp134,35 Triliun untuk Pendanaan Lahan PSN

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memberikan pendanaan lahan sebesar Rp134,45 triliun untuk Proyek… Read More

3 hours ago

LMAN Gelontorkan Rp2,85 Triliun untuk Pembebasan Lahan IKN

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah merealisasikan Rp2,85 triliun untuk pembebasan atau pengadaan lahan pembangunan… Read More

3 hours ago

Dari Gelar Doktor Kehormatan hingga Waketum Kadin, Segini Harta Kekayaan Raffi Ahmad

Jakarta – Nama Raffi Ahmad (37), belakangan menjadi perbincangan publik. Bukan karena prestasi di dunia showbiz yang… Read More

5 hours ago

Pembiayaan Emas BCA Syariah Makin Populer, Melonjak 210,8 Persen pada Agustus 2024

Jakarta - Emas atau logam mulia menjadi instrumen investasi tak lekang oleh waktu. Nilainya yang… Read More

5 hours ago