News Update

Literasi Keuangan Jadi Pondasi Masyarakat Agar Tak Jatuh Miskin

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengedukasi masyarakat untuk dapat memahami literasi keuangan ditengah pelemahan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, literasi keuangan merupakan pondasi dasar dari masyarakat agar tidak terjatuh dalam jurang kemiskinan di saat pelemahan ekonomi saat ini.

“Banyak kaum marjinal yang berpotensi jatuh miskin karena mereka tidak tau mengenai mengelola uang dan ini tidak terjadi di Indonesia saja tapi di negara lain juga,” kata Tirta saat menghadiri webinar mengenai literasi keuangan di Jakarta, Kamis 13 Agustus 2020.

Dirinya mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Keuangan, sebanyak 1,89 juta orang berpotensi jatuh miskin ditengah perlambatan ekonomi saat ini. Tak hanya itu saja, sebanyak 2,92 juta orang juga diperkirakan akan kehilangan perkerjaan dimasa pandemi saat ini.

Dikesempatan yang sama, Direktur Utama BRI Insurance Fankar Umran juga mengingatkan masyarakat untuk terus melek keuangan agar hidup tenang dimasa pandemi. Dirinya mengungkapkan, berdasarkan survei Literasi Keuangan Global S&P mendefinisikan literasi keuangan di Indonesia baru sebesar 32% dari jumlah keseluruhan masyarakatnya.

“Di Indonesia masih cukup rendah di 32% namun dibandingkan di Asia cukup baik dibandingkan negara lain,” katanya.

Oleh karena itu menurutnya, literasi keuangan sangat penting untuk menyadarkan masyarakat dalam pengelolaan uang agar tidak terjatuh dalam jurang kemiskinan. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program… Read More

14 mins ago

Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Nusantara TNI Fun Run yang Didukung Bank Mandiri

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan acara Nusantara TNI Fun Run pada Minggu,… Read More

1 hour ago

IHSG Sesi I Parkir di Zona Hijau ke Level 7.500

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (7/10) bertahan… Read More

2 hours ago

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

3 hours ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

3 hours ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

4 hours ago