Lindungi Aset Kantor dari Pencurian Dengan Asuransi

Lindungi Aset Kantor dari Pencurian Dengan Asuransi

Aset kantor
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Baik di rumah maupun di kantor, risiko terjadinya pencurian tetap ada. Aset kantor seringkali jadi sasaran utama berbagai kasus pencurian di kantor. Ada beberapa cara yang biasa di lakukan kantor untuk melindungi berbagai aset kantor dari pencurian.

Tentu banyak aset yang ada di kantor. Mulai dari yang sederhana sampai yang nilainya puluhan dan ratusan juta.

Secara umum aset kantor dibagi dua.yaitu aset berwujud dan aset tak berwujud. Aset berwujud adalah aset yang memiliki wujud fisik dan bisa dilihat seperti gedung, sertifikat tanah, barang dagang, mesin, surat berharga, uang kas, dan berbagai peralatan lain yang ada di kantor.

Sedangkan aset tak berwujud, tak bisa dilihat secara langsung namun memiliki nilai yang tinggi juga. Misal merek dagang .

Aset yang paling banyak dicuri adalah yang berupa aset fisik karena memang bisa dilihat dengan mata. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindung aset fisik ini.

1. Memanfaatkan jasa satpam dan CCTV

Ini tentu saja sangat penting untuk menjaga aset agar tak mudah untuk dilakukan pencurian. Tentu mencegah lebih baik daripada menanggung akibatnya.

2. Akses terbatas

Akses kantor dibuat sangat terbatas dengan kata sandi atau pasword sehingga hanya yang memilki akses yang dapat masuk ke dalam kantor. Demikian pula dengan data-data yang ada, perlu pasword khusus untuk mengaksesnya.

3. Pisahkan rekening pribadi dan perusahaan

Bagi perusahaan kecil atau perusahaan keluarga, seringkali pengaturan keuangan tak jelas. Sehingga pemasukan dan pengeluaran tercampur dengan uang pribadi. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah memisahkan rekening pribadi dan perusahaan.

4. Rekrut karyawan berintegritas

Ini juga salah satu langkah penting untuk menghindari pencurian aset berharga kantor yaitu merekrut karyawan bukan saja dinilai dari skill/keahliannya tetapi juga kejujuran dan integritasnya harus dipastikan terlebih dahulu.

5. Asuransikan bisnis

Perusahaan perlu melakukan langkah antisipasi dengan memiliki perlindungan khusus. PT.Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance), memiliki produk untuk melindungi dari pencurian yaitu perlindungan dengan Burglary/Theft dari Tugu Insurance.

Perlindungan Burglary/Theft akan berikan perlindungan berupa biaya penggantian atas kerusakan pada barang-barang berharga bila memang terbukti telah dilakukan pencurian. Selengkapnya di tugu.com. #

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]