News Update

Lima Bisnis yang Mesti Jadi Perhatian Pasca Pandemi

Jakarta – Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan kehidupan di Indonesia, bahkan juga dunia. Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan, kehidupan di dunia tidak akan sama lagi seperti saat sebelum pandemi. Oleh karena itu, dunia usaha harus memikirkan strategi bisnisnya ke depan agar dapat terus bertahan.

“Menurut saya setelah pandemi ini selesai, dunia tidak sama lagi. Ini yang saya pikir harus moving forward bisnisnya seperti apa dan perlu dipikirkan luar biasa,” ujarnya dalam acara ‘Executive Lecture: Membangun Manusia Indonesia yang Sehat, Humanis, Profesional, dan Berintegritas’ yang diselenggarakan Infobank di Jakarta, Kamis, 26 November 2020.

Jonan menilai, setidaknya ada lima sektor bisnis yang harus menjadi perhatian bersama untuk ke depannya, antara lain renewable energy, electric cars, online business, lingkungan hidup, dan artificial intelligence (AI).

“Yang pertama renewable energy. Renewable energy ini menurut saya it is mandatory. Mau dihitung bagaimanapun, it is beyond economic calculation. Ini harus duduk bicara (bersama) mau beresinnya bagaimana,” katanya.

Selanjutnya, terkait electric cars. Jonan menggambarkan, jika dalam 10 tahun ke depan GDP per kapita Indonesia bisa mencapai US$10 ribu, tentu kendaraan bermotor yang dibutuhkan juga meningkat, dan polusi yang ditimbulkannya akan luar biasa. Maka dari itu, perlu memikirkan penggunaan mesin yang ramah lingkungan.

Online business dan bisnis lingkungan hidup, lanjutnya, menjadi sektor lainnya yang tak kalah penting untuk dipehatikan. Dan yang terakhir, adalah artificial intelligence (AI), yang menciptakan banyak robotic activities akan menggantikan peranan manusia.

“Kita sering bilang industrial revolution 4.0 dan sebagainya, itu the back bone of industrial 4.0 is the AI. Negara kita harus memikirkan work force bagaimana, selain itu harus di didik supaya masih bisa menyesuaikan dengan zaman ke depan,” tegas Jonan. (*) Bagus Kasanjanu

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ditanya Kapan Spin Off, Begini Jawaban Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) diwajibkan melakukan pemisahan unit atau spin off dari induknya,… Read More

18 mins ago

BUMN Business Forum 2024: Tantangan BUMN Menuju Transformasi Ekonomi

Jakarta - Anggota VII Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Slamet Edy Purnomo mengungkapkan berbagai tantangan… Read More

29 mins ago

Rektor IPB: BUMN Berperan sebagai Inkubator Bisnis UMKM

Jakarta - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengungkapkan peran krusial perusahaan BUMN dalam… Read More

43 mins ago

Pendapatan Premi TUGU Tumbuh 37 Persen di Agustus 2024, Jauh di Atas Rerata Industri

Jakarta – Premi bruto PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance mengalami… Read More

59 mins ago

Aturan Rampung, BEI Resmi Luncurkan Transaksi Short Selling

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (3/10) telah mengumumkan dua aturan… Read More

1 hour ago

Gandeng MGID, Smesco Tingkatkan Kompetensi dan Inovasi UMKM Perluas Pemasaran Digital

Jakarta - Smesco Indonesia menggandeng MGID berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi pelaku kewirausahaan dan UMKM agar… Read More

1 hour ago