News Update

Likuiditas Ketat, Perbankan Mulai Marak Terbitkan Obligasi

Jakarta – Penerbitan obligasi kian marak dilakukan perbankan sejak masuk kuartal dua tahun ini. Hal tersebut seiring adanya pencairan kredit infrastruktur secara masif di kuartal dua dan tiga tahun ini.

Ekonom BCA David Sumual mengatakan, menjelang akhir tahun banyak bank memerlukan likuiditas lebih guna mencukupi kebutuhan pencairan kredit di sektor infrastruktur. Apalagi pada minggu lalu pemerintah baru saja mengumumkan rencana untuk menambah penerbitan surat utang

Nilainyapun tak tanggung-taanggung, penambahan obligasi pemerintah itu mencapai sekitar Rp50 triliun

“Hal itu juga mendorong likuiditas yang makin ketat, karena dananya akan semakin ketat,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin, 7 Juli 2017.

Aksi korporasi sendiri lanjut David diperkirakan masih akan marak dilakukan perbankan, hal ini seiring posisi LDR perbankan sudah mulai tinggi.

Disisi lain penerbitan obligasi perbankan di Indonesia jika dibandingkan dengan negara emerging market lainnya masih tergolong konsevarif.

“Mereka masih mengandalkan DPK dibanding mencari pendanaan di pasar modal,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada tahun ini pemerintah memperoyeksikan akan terjadi defisit penerimaan sekitar 2,6% hingga 2,7% dari produk domestik bruto (PDB). Beberapa bank yang sudah menerbitkan obligasi untuk memperkuat permodalannya diantaranya adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) yang menerbitkan obligasi senilai Rp6 triliun pada Juni lalu.

Kemudian teranyar, obligasi milik BPD lampung senilai Rp610 miliar dan BRI Agroniaga senilai Rp500 miliar resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Pembayaran Contactless Global Naik 80 Persen: Indonesia Harus Segera Beradaptasi

Bali - Mehdi Elhoussine, Managing Director Idemia, salah satu perusahaan terkemuka di dunia dalam solusi… Read More

16 mins ago

Pluang Rilis Opsi Saham AS: Inovasi Investasi untuk RI

Jakarta - Pluang sebagai platform investasi dan perdagangan multi-aset, mengumumkan peluncuran perdagangan opsi saham Amerika… Read More

1 hour ago

Sritex Pailit, Kemnaker Minta Jangan Buru-buru PHK Karyawannya

Jakarta - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro… Read More

1 hour ago

Soal Rencana Prabowo Putihkan Utang Nelayan dan Petani, Begini Kata Bank Mandiri

Jakarta – Bank Mandiri sebagai salah satu bank pelat merah menyambut baik rencana Presiden Prabowo Subianto terkait pemutihan… Read More

2 hours ago

BEI Sebut Saham Sritex (SRIL) Penuhi Kriteria Delisting

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex/SRIL)… Read More

2 hours ago

Sritex Dinyatakan Pailit, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Jakarta - PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex, emiten tekstil legendaris di Tanah… Read More

2 hours ago