Libur Panjang, Kepatuhan Prokes Masyarakat Malah Menurun

Libur Panjang, Kepatuhan Prokes Masyarakat Malah Menurun

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mencatat adanya penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan (prokes) saat libur natal dan tahun baru (Nataru).

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, angka kepatuhan memakai masker pada 24 Desember hanya 80,34%. Padahal pada awal pekan pertama di November 2020, tingkat kepatuhan masyarakat dalam hal mengenakan masker berada di kisaran 86,17%.

“Sempat meningkat 6 Desember lalu 81,65%, tapi (kepatuhan prokes) turun lagi di 24 Desember hari ini jadi 80,34% untuk tingkat kepatuhan menggunakan masker,” kata Doni dalam acara diskusi virtual yang dikutip Jumat, 25 Desember 2020.

Tak hanya itu, untuk kepatuhan menjaga jarak tercatat juga menurun menjadi 76,87%, padahal pada 1 November tingkat kepatuhannya berada di angka 81,87%..

Doni menyayangkan menurunnya tingkat kedisiplinan prokes tersebut, padahal kepatuhan menjadi kunci untuk menurunkan penyebaran kasus positif Covid-19. Untuk itu ke depannya dibutuhkan kerja sama antar masyarakat dan Pemerintah setempat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan saat libur panjang nataru.

“Kita tidak ingin masyarakat kendor, karena sudah sembilan bulan dan dua minggu setelah 13 Maret ditetapkan kondisi kekarantinaan nasional. Ada 16 provinsi alami kenaikkan kasus, dan 18 provinsi kasus menurun, sedangkan di Jawa kebanyakan meningkat,” ujar Doni. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]