Pasar Modal

Lewat Program Ini, BEI dan IGNITE Dorong Kepemimpinan Perempuan Indonesia

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (30/5) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan komunitas IGNITE yang terdiri dari PT A.T Kearney Indonesia, PT Egon Zehnder International, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) terkait komitmen bersama untuk mendukung pertumbuhan kepemimpinan perempuan di perusahaan tercatat.

Sebagai tahap awal, program mentoring IGNITE 2024 kali ini menargetkan partisipan sekitar 40 perusahaan IDX200 dengan persentase kepemimpinan eksekutif perempuan sebesar 30 persen atau lebih. Selain itu, juga diselenggarakan Closing Bell Ceremony dalam rangka IGNITE 2024.

Direktur BEI, Risa E. Rustam, mengatakan bahwa, BEI terus berkomitmen untuk mendukung agenda-agenda yang dilakukan oleh IGNITE guna mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) terkait women empowerment.

“Mendorong perempuan untuk menjadi pemimpin masa depan merupakan langkah menuju kesetaraan gender, dan juga merupakan strategi penting untuk memastikan keberlanjutan dan kemajuan bangsa,” ucap Risa dalam sambutannya di Jakarta, 30 Mei 2024.

Baca juga: Dukung Perempuan RI Melek Finansial dan Hidup Sehat, Prudential Indonesia Lakukan Ini

Ia pun menambahkan, melalui penyelenggaraan IGNITE 2024 diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam pertumbuhan keterlibatan para pemimpin perempuan di Indonesia.

“BEI, Kearney, dan Egon Zehnder turut melibatkan para pemangku kepentingan secara aktif, demi mendukung tujuan masa depan Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Adapun, IGNITE merupakan inisiatif nasional untuk memberdayakan sekaligus mempromosikan lebih banyak pemimpin perempuan Indonesia menuju posisi C-Level atau eksekutif dan inisiatif tersebut diwujudkan dalam bentuk platform mentoring dan jaringan lintas industri bagi profesional perempuan.

Baca juga: PLN Women Summit 2024, Perkuat Eksistensi Perempuan untuk Kemajuan Perseroan

Sebagai informasi, berdasarkan Census on Women in Executive Leadership Team in IDX200 Companies yang dilakukan oleh BEI dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), dari 200 perusahaan tercatat dengan kapitalisasi pasar dan nilai terbesar di BEI (IDX200) pada periode 2019–2021, hanya 15 persen peran Executive Leader Team (ELT) yang dipegang oleh perempuan.

Sensus tersebut juga menunjukkan bahwa jumlah Chief Executive Officer (CEO) perempuan hanya sebanyak delapan orang atau sebesar 4 persen sepanjang periode sensus. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

2 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

4 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

4 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

1 day ago