Lewat Festival Gemarikan, Menparekraf Sandiago Uno Berharap Gizi Masyarakat Membaik

Lewat Festival Gemarikan, Menparekraf Sandiago Uno Berharap Gizi Masyarakat Membaik

Pemprov DKI Gandeng Startup Binaan Plug and Play Festival Gemarikan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Konsumsi makan ikan terus digelorakan di era Presiden Jokowi. Demi meningkatkan konsumsi makan ikan, membuat Media Asosiasi Akademi Praktisi Pariwisata Nusantara (MAPPNUS) berkolaborasi dengan OK OCE Maritim serta Indonesia Chef Association (ICA) menggelar festival kuliner nusantara berbahan dasar ikan dengan tema gemarikan di Desa Wisata Balkondes Ngadiharjo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dalam festival kuliner nusantara gerakan makan ikan ini juga terdapat lomba masak ikan yang mengolah 34 jenis ikan mulai dari ikan kakap, tuna, gindara hingga udang dan cumi yang diikuti dari sejumlah daerah di Indonesia sehingga bisa menginspirasi masyarakat dalam mengonsumsi ikan menjadi olahan makanan yang enak untuk disantap.

Dalam festival kuliner gemarikan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Tengah untuk senantiasa meningkatkan konsumsi makan ikan. Terlebih, dengan mengonsumsi ikan secara tidak langsung akan membuat masyarakat jauh lebih cerdas.

“Ikan itu memiliki sumber protein yang baik buat tubuh, dengan mengonsumsi makan ikan sudah pasti masyarakat jadi lebih cerdas,” kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui komunikasi virtual, Sabtu (26/3/2022).

Selain itu, Sandiaga Uno merasa melalui festival kuliner gemar makan ikan bisa menjadi kebangkitan perekonomian  Indonesia apalagi kontribusi kuliner sebanyak 41 persen dan menjadi paling dicari oleh banyak orang khususnya wisatawan.

Bahkan, pemilik nama asli Sandiaga Salahuddin Uno itu percaya melalui sentra keberagaman kuliner dan budaya yang dimiliki Indonesia bisa menarik pariwisata Indonesia ke mata dunia, terlebih Indonesia kaya akan wisata bahari.

“Festival kuliner tentu bisa membuka kolaborasi antar stakeholder dengan industri lainnya untuk terus menggaungkan bangga buatan Indonesia,” tuturnya.

Sandiaga juga mengatakan, terimakasih buat semua pihak yang mendukung, khusus nya juga buat BNI yang konsisten mendukung kegiatan usaha menengah kecil dan mikro, untuk ekonomi kreatif dan kuliner.

“BNI selalu proaktif dalam pengembangan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif mulai dari Inacraft 2022, program UMKM Bali, dan termasuk program kali ini GEMARIKAN. Saya harap BNI dapat selalu mendukung pertumbuhan ekonomi sektor kreatif,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]