News Update

Lewat AKI 2024, Kemenparekraf Genjot Pengembangan Ekonomi Kreatif

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sukses menggelar Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Artos Mall, Magelang pada 12-14 Juli 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mengatakan pameran AKI menjadi salah satu program strategis sekaligus wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database.

“Kehadiran AKI juga sebagai ajang publikasi dan promosi serta memperluas pasar bagi jenama lokal,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (25/7).

Baca juga: Gandeng BCA, Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi Atraksi dan Amenitas di Destinasi Wisata

Dia juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai komunitas untuk meningkatkan jumlah dan kualitas acara yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

“Saya mengarahkan kepada seluruh pihak terkait untuk terus mendukung dan memperbanyak event seperti ini di berbagai daerah agar semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya,” tegas Sandiaga.

Direktur Indonesia Kreatif Fesyen, Desain dan Kuliner Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu menjelaskan sejak dimulai pada 2021, AKI berhasil menjadi tempat atau wadah saling berkolaborasi tidak hanya di antara peserta namun juga dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif.

“Dalam rangkaian kegiatan AKI juga para peserta mendapat kesempatan untuk dipertemukan dengan potensial buyer bahkan investor, imbuh Yuke.

Baca juga: KemenKopUKM Ungkap Produk Impor Ilegal Terbukti Matikan Sektor UMKM

Pameran AKI Magelang 2024 diikuti oleh 38 jenama (9 kriya, 8 fesyen, 11 kuliner, 6 apps dan gim, 2 musik dan 2 film) yang berasal dari daerah di sekitar Magelang dan Jawa Tengah. Beberapa narasumber talkshow serta pengisi acara ikut meramaikan Pameran AKI Toba 2024.

Setelah 3 hari penyelenggaraan, terpilih 3 finalis terbaik yang akan mewakili Magelang dalam Malam Puncak AKI 2024 yang akan diadakan di Jakarta pada September 2024. Mereka adalah, Guru Batik (Juara 1), Tongkonan Qufe (Juara 2), dan Marica.id (Juara 3). (*) Alfi Salima Puteri

Galih Pratama

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

17 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

18 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

49 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago