Ekonomi dan Bisnis

Layanan BBM Selama Idulfitri 2023 Terus Meningkat

Jakarta – Pada 2023 ini, Pertamina membentuk Satgas Ramadan dan Idulfitri (Rafi). Pertamina telah menyiagakan berbagai sarana dan fasilitas utama yang meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

Selain layanan utama, layanan siaga serta layanan tambahan juga disiapkan antara lain 1.505 SPBU Siaga, 5.471 Agen LPG Siaga, 43 Kiosk Pertamina Siaga, 391 Motoris Pertamina Delivery Service (PDS), 201 Mobil Tanki Standby, penambahan tanki di SPBU khususnya di kepulauan kecil, dan 13 Rumah Pertamina Siaga.

Diharapkan ke depan, Pertamina akan semakin meningkatkan kualitas layanan BBM saat mudik. Termasuk di antaranya, terkait fasilitas umum seperti penambahan toilet di beberapa SPBU tambahan. “Terutama untuk toilet perempuan, mohon lebih ditingkatkan lagi,” ujar Komunitas Otomotif Adjie Sambogo dikutip 29 April 2023.

Pembentukan Satgas Ramadan dan Idulfitri 2023 Pertamina, dinilai berperan penting dalam memperlancar pasokan BBM selama arus mudik dan balik Idulfitri 2023. Menurut Adjie Sambogo yang juga Humas Club Ayla Indonesia (CAI), meski di beberapa ruas jalan ditemui kemacetan cukup panjang, namun kualitas layanan BBM justru semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  

“Pasokan BBM lebih lancar. Beberapa jalan memang macet. Namun dibandingkan sebelumnya, layanan BBM justru menunjukkan peningkatan,” jelas Adjie. 

Penilaian Adjie, didasarkan atas pengalamannya saat mudik. Baik dari Jakarta ke Madiun, 19 April 2023 maupun saat kembali pada 26 April 2023. Memang, di beberapa rest area dipadati pemudik yang banyak memanfaatkan untuk tempat beristirahat. “Namun untuk layanan BBM di SPBU rest area tersebut, saya lihat justru aman. Begitu juga SPBU-SPBU lain, saya lihat semua terlayani dengan baik, tanpa antrean panjang,” imbuh Adjie. 

Kondisi arus lalu lintas, lanjut Adjie, sempat diwarnai beberapa kemacetan. Ketika berangkat misalnya, dirinya sempat menemui kepadatan di Cikampek dan Semarang. Begitu pula ketika keluar Tol Madiun.  “Tapi itulah. Meski di Madiun macet sekali, namun untuk SPBU tetap lancar. Karena saya juga sempat mengisi penuh BBM di sana,” ungkap Adjie. 

“Kelancaran BBM tersebut, menurut saya karena memang keberadaan Satgas Rafi. Termasuk penambahan beberapa lokasi pengisian BBM di beberapa tempat, seperti Km 228 mendekati Kalikangkung,” lanjutnya. 

Ia melihat kesiagaan Satgas Rafi dalam layanan BBM. Layanan yang dimaksud Adjie, antara lain seperti Kiosk Pertamina Siaga dan Motoris Pertamina Delivery Service (PDS). Berbagai kesiagaan tersebut, bisa dilihatnya sepanjang perjalanan mudik dan arus balik. “Termasuk para motoris yang jemput bola dan mengantarkan BBM kepada pemudik yang hampir kehabisan BBM di jalan tol,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

6 hours ago

HBAP Kantongi Pinjaman Rp19,24 Trliun dari Bank Mandiri, untuk Apa?

Jakarta - Dalam mendukung pemerataan dan pemenuhan kebutuhan listrik nasional, Bank Mandiri jalin kemitraan strategis… Read More

6 hours ago

United Tractors (UNTR) Mau Bagikan Dividen Interim Rp2,42 Triliun, Simak Jadwalnya

Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai emiten distributor alat berat mengumumkan akan melakukan… Read More

6 hours ago

Viral, Sejumlah Kadin Provinsi Serempak Bikin Konten Tolak Munaslub

Jakarta – Perseteruan di tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia semakin memanas. Setelah Musyawarah… Read More

7 hours ago

Soal Modal Asuransi Naik di 2026, Ketua AAUI Wanti-wanti Hal Ini

Jakarta - Industri asuransi umum diwajibkan menaikkan ekuitas atau modal minimum pada 2026 mendatang. Hal… Read More

7 hours ago

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

7 hours ago