Internasional

4 Fakta Menarik Laut Hitam, Jalur Ekspor Biji-Bijian Rusia dan Ukraina

Jakarta – Perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina kian memanas. Bahkan, konflik bersenjata antara Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky semakin meluas ke wilayah Laut Hitam.

Terbaru, aliansi negara-negara dari Eropa dan Amerika Utara (NATO) turun tangan dalam meningkatkan pengawasan di wilayah Laut Hitam setelah Rusia keluar dari kesepakatan biji-bijian Ukraina.

Di luar dari perang kedua negara yang makin kusut tersebut, publik pun dibuat penasaran dengan keberadaan Laut Hitam atau Black See.

Publik pun mulai mencari tahu tentang sejarah dan fakta menarik tentang Laut Hitam. Tanpa panjang lebar, berikut rangkuman Infobanknews tentang Laut Hitam. Check it out!

Asal Usul Nama Laut Hitam

Secara geografis, Laut hitam adalah kawasan perairan di antara benua Eropa dan Asia kecil yang menjadi penghubung beberapa jalur laut, seperti laut tengah, laut marma, serta Laut Azof.

Dinukil Britannica, Kamis (27/7), Laut Hitam berbatasan dengan Rusia dan Ukraina di utara, Turki di selatan, Bulgaria di bagian barat, serta Georgia di bagian timur.

Baca juga: Kontroversi Ekspor Biji-Bijian, Perang Rusia-Ukraina Bakal Menjalar ke Laut Hitam

Menariknya, Laut Hitam mempunyai bentuk yang oval dengan perkiraan kedalaman mencapaic7.250 kaki atau 210 meter, serta garis pantai seluas 5.800 km.

Lantas, mengapa Kawasan perairan ini dinamakan Laut Hitam?  Setidaknya ada beberapa teori yang mengemuka ihwal asal-usul penamaan Laut Hitam.

Satu diantaranya, berawal dari orang Yunani Kuno yang menyebutkan Laut Hitam dengan istilah “Inhospitable Sea” atau “Laut Yang Tidak Ramah”. Pasalnya, nama tersebut diambil lantaran dulunya perairan ini dikenal sulit dinavigasi oleh para pelaut.

Dulunya, pada masa Kekaisaran Ottoman, perairan ini dalam bahasa Turki disebut dengan Karadeniz atau Black Sea, yang berarti Laut Hitam.

Versi lain menyebut bahwa asal muasal penamaan Laut hitam berasal dari kandungan benda logam, tumbuhan mati, dan materi hewan yang terkubur di dasar laut dalam kurun waktu lama.

Lantas, kandungan tersebut mengendap dan tertutup lumpur hitam lantaran tingginya kandungan hydrogen sulfida di air laut.

Laut Hitam dan Kematian

Seperti Anda ketahui, hitam merupakan warna yang kerap dikaitkan dengan kematian. Nah, di dasar Laut Hitam ini banyak ditemukan sisa-sisa manusia dan beberapa bangkai kapal yang karam.

Dulunya, Laut Hitam menjadi salah satu kawasan laut yang sangat berbahaya karena memiliki cuaca yang ekstrem. Banyak kapal-kapal yang karam oleh badai laut akibat tidak menemukan tempat untuk berlabuh.

Itulah kenapa, orang-orang kuno menyebutnya sebagai laut kematian. Mereka juga sering memperingatkan para awak kapal untuk berhati-hati saat akan pergi ke kawasan Laut Hitam.

Jalur ‘Sutera’ Transportasi

Laut Hitam merupakan kawasan perairan yang memiliki peran strategis sebagai jalur transportasi karena kerap dilintasi oleh kapal barang dari Eropa Timur, sehingga kawasan ini tidak pernah sepi dari pelayaran.

Termasuk, Laut Hitam juga menjadi jalur pelayaran utama bagi Ukraina mengirimkan jutaan ton biji-bijian ke sejumlah negara terutama negara krisis di dunia.

Selain itu, Laut Hitam juga sebagai jalur transportasi,  sering dijadikan destinasi wisata bagi para wisatawan dari negara-negara di sekitarnya.

Baca juga: Militer Ukraina Tembak Jatuh Tiga Rudal Penjelajah Milik Rusia

Teori Arah Mata Angin

Pada zaman dulu, warna berbeda dipakai untuk menunjukkan arah sebuah mata angin, seperti hitam untuk utara, merah untuk selatan, kuning untuk timur dan barat untuk putih.

Lantaran Laut Hitam berada di sebelah utara Laut Mediterania, lantas penyebutannya menjadi laut hitam atau laut yang ada di sebelah utara. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago