Ekonomi dan Bisnis

Langkah Menteri Pasang Badan Ditengah Pandemi Corona Diapresiasi

Jakarta – Di tengah kondisi lingkungan, sosial, dan ekonomi yang serba sulit karena pandemi virus corona (covid-19), tampilnya menteri di hadapan publik adalah hal yang sangat penting. Para menteri yang tampil di depan publik saat situasi sulit seperi ini, ikut diapresiasi.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Analis sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020. Dirinya pun ikut memuji menteri-menteri yang berani tampil didepan publik.

Menurutnya, di saat kondisi seperti ini Presiden Jokowi, butuh menteri yang loyal dan bisa menjadi media untuk mengkomunikasikan langkah pemerintah seperti Menteri BUMN Erick Thohir yang dinilai berani pasang badan untuk Presiden, di tengah situasi yang serba sulit saat ini akibat dampak covid-19.

“Di sini akan terlihat nama menteri yang loyal. Menteri yang berani tampil pada situasi sulit untuk membela kebijakan pemerintah. Saya lihat Erick Thohir berani melakukannya,” ujar Pangi.

Menurut Pangi, kepiawaian komunikasi sangat diperlukan dalam kondisi seperti saat ini. Hal ini agar tidak ada mispersepsi yang muncul akibat kesalahan gaya komunikasi sang pejabat. Komunikasi juga sangat penting untuk bisa menjembatani apa yang dilakukan pemerintah di lapangan agar diketahui rakyat.

Dalam hal ini, Pangi memuji kemampuan komunikasi Erick yang mampu meminimalisir persepsi negatif pada pemerintah. “Pak Erick menunjukkan kepiawaian dalam komunikasi. Karena saat ini yang dibutuhkan bukan sekadar menteri yang tampil tapi juga tidak membuat persepsi menjadi negatif,” ucap Pangi.

Keberanian menteri memasang badan pada situasi sulit seperti saat ini juga akan membuat rakyat memberikan apresiasi. Karena itu dirinya tidak heran jika tingkat elektabilitas menteri seperti Erick Thohir atau Sri Mulyani tinggi di mata publik.

“Karena publik melihat menteri memang murni dari kinerjanya. Saat kinerjanya baik maka otomatis dengan sendirinya apresiasi akan muncul,” kata Pangi.

Apresiasi yang diberikan analis Voxpol itu tak terlepas langkah cepat Erick bersama kementeriannya dalam menangani pandemi Corona. Erick dinilai tak hanya ikut berkontribusi dalam antisipasi pandemi Corona dari sisi kesehatan, melainkan juga berani mengambil kebijakan untuk menyelamatkan kondisi ekonomi dan moneter.

Salah satu langkahnya adalah dengan mendorong bank BUMN untuk memberikan relaksasi pada sektor bisnis yang terdampak. Tak hanya itu, di tengah situasi sulit ekonomi Kementerian BUMN juga tetap mampu menunaikan janjinya untuk membayar 15 ribu nasabah polis Jiwasraya.

Langkah yang dinilai akan sangat berarti dalam mengembalikan kepercayaan kepada perekonomian, terutama dunia asuransi nasional. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

8 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

8 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

8 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

11 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

12 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

13 hours ago