Langkah DANA Dorong Pengembangan Digitalisasi Keuangan di RI

Langkah DANA Dorong Pengembangan Digitalisasi Keuangan di RI

Langkah DANA Dorong Pengembangan Digitalisasi Keuangan di RI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Dalam mendukung pengembangan digitalisasi di Indonesia sebagai salah satu solusi perekonomian, DANA berinisiatif untuk memberdayakan Kepulauan Natuna melalui teknologi yang inklusif, serta mendapat dukungan oleh segenap pemangku kepentingan di daerah dan juga pusat melalui pencanangan Natuna Digital Islands.

Sejak tahun lalu, DANA telah bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Natuna sebagai mitra yang dipercaya untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS, serta memperkaya pengetahuan UMKM lewat pendampingan mengenai kewirausahaan di era digital.

Diketahui juga DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital yang terus memberdayakan lebih dari 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis, turut berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.

Selain itu, aksi yang dilakukan DANA dalam menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital adalah melalui pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia, Agustina Samara, mengatakan bahwa pencanangan tersebut adalah momentum untuk melihat digitalisasi sebagai salah satu solusi perekonomian secara menyeluruh, mendistribusikan manfaat kepada daerah-daerah terdepan di Indonesia.

“Besar harapan kami agar kolaborasi sinergi antara pelaku usaha yang mendukung UMKM lokal dapat diperluas ke wilayah-wilayah lain di Indonesia dan memberikan bukti bahwa digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi lokal ke depannya.  Semoga orang-orang semakin tertarik untuk berkunjung ke Natuna, wilayah yang penuh potensi ini,” ucap Agustina dikutip di Jakarta, 17 Oktober 2022.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi menyatakan bahwa Kabupaten Natuna semakin hari, semakin maju dengan berbagai inovasi, serta adanya pembangunan di berbagai sektor.

“Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang,” ujar Wan.

Melalui partisipasi seluruh pelaku ekosistem ekonomi digital dari hulu ke hilir, DANA optimistis mampu mewujudkan kemandirian bagi seluruh masyarakat Kepulauan Natuna dan menggerakkan pertumbuhan perekonomian lokal maupun nasional. Sehingga kisah sukses di Natuna dapat diaplikasikan ke daerah-daerah terluar lainnya. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]