Ekonomi dan Bisnis

Laba Naik, Shopify Malah PHK 20% Karyawannya

Jakarta – Perusahaan e-commerce Kanada Shopify mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK), Kamis (4/5/2023) ditengah lonjakan pendapatan perusahaan di kuartal I-2023.

Pengumuman tersebut diketahui melalui sebuah memo kepada internal karyawan. Di mana, ada sekitar 20 persen karyawan yang terkena dampak PHK.

Dikutip Reuters, Jumat (5/5/2023), CEO Shopify Tobi Lütke mengatakan, pihaknya menyadari dampak dari keputusan PHK tersebut kepada karyawannya. Meski begitu, tidak dirinci berapa jumlah karyawan dan unit mana saja.

“Saya menyadari dampak yang menghancurkan dari keputusan ini terhadap sebagian dari Anda. Saya pun tak membuat keputusan ini dengan enteng,” tulis Lütke, dikutip dari Reuters.

Baca juga:Efisiensi, General Motors PHK Ratusan Pekerja Lagi

Sebelumnya, perusahaan telah membongkar unit logistic ke Flexport, penjualan yang mencakup Deliverr yang diakusisi senilai US$2,1 miliar pada Mei 2023.

Shopify juga menjual 6 River Systems, pembuat robot gudang yang diakuisisi pada 2019 senilai $450 juta, kepada perusahaan teknologi ritel Inggris, Ocado.

Mesi menjual sejumlah aset perusahaan, namun Shopify mampu berinovasi dalam membangun prioritas bisnis sebagai sofware e-commerce seperti menggarap proyek kecerdasan buatan (AI).

“Shopify memiliki hak istimewa untuk berada di antara perusahaan dengan peluang terbaik menggunakan AI untuk membantu pelanggan kami,” tambahnya.

Menariknya, Shopify berhasil mengalahkan estimasi Wall Street untuk kuartal pertama dengan mencatatkan laporan pendapatan sebesar $1,51 miliar.

Jumlah ini melampui proyeksi sebesar $1,43 miliar. Saham Shopify melonjak sebanyak 22% pada awal perdagangan pada, Kamis waktu setempat.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

31 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

44 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

5 hours ago