Pasar Modal

Laba Melejit 440%, TUGU Siap Tebar Dividen?

Jakarta – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) disebut akan membagikan dividen hingga miliaran rupiah imbas melejitnya laba bersih tahun 2023.

Emiten anak usaha PT Pertamina (Persero) ini, mencatat laba bersih Rp1,03 triliun pada semester I-2023, melejit 440% secara year on year (YOY) dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp225,38 miliar.

Direktur Keuangan & Layanan Korporat, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU Insurance), Emil Hakim mengatakan, melejitnya laba bersih Tugu diperoleh dari pertumbuhan pendapatan premi neto 19% menjadi Rp1,52 triliun.

Baca juga: Tugu Insurance Dukung Pendidikan Lewat Program Beasiswa dan Literasi Keuangan

“Sementara itu, pendapatan underwriting tumbuh 16% dan pendapatan investasi tumbuh 21,2%,” kata Emil, dikutip Kamis, 19 Oktober 2023.

Adapun faktor lain yang mendorong laba TUGU melejit kata dia adalah pendapatan sekali waktu atau one off dari dari pembayaran dari kasus hukum yang dimenangkan oleh TUGU atas Citibank senilai Rp1 triliun.

TUGU sendiri berpotensi menyetor dividen seiring perseoran meraup untung jumbo dari penjualan saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) serta menang gugatan atas Citibank.

Menilik laporan keuangan Asuransi TUGU, per semester I-2023 tercatat berinvestasi di saham PGEO (dalam kategori tersedia untuk dijual), yang notabene juga termasuk entitas usaha PT Pertamina (Persero), dengan total kepemilikan 282.400.000 lembar saham.

Belakangan, dalam sebuah keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), TUGU memaparkan pada 2 Oktober 2023, perusahaan telah membeli saham PGEO sebanyak 18 kali. Dalam periode 28 Februari 2023 hingga 28 Maret 2023 di harga rerata Rp840,32 per saham.

Berdasarkan keterangan kepada bursa, biaya yang dikeluarkan TUGU dalam pembelian saham PGEO tersebut mencapai Rp279,32 miliar.

Adapun, dalam keterbukaan tanggal 2 Oktober tersebut lalu, TUGU menjelaskan bahwa perusahaan sudah tidak memiliki kepemilikan di saham PGEO. Meski begitu, tidak dijelaskan lebih rinci perihal kapan dan di harga berapa TUGU keluar dari saham PGEO tersebut.

Baca juga: Transformasi SDM, Tugu Insurance Sabet Penghargaan di HR Excellence Awards 2023

Dengan asumsi mengacu harga sebelum keterbukaan tersebut, yakni pada 29 September 2023, yang mana harga penutupan PGEO Rp1.445 per saham. Artinya, potensi keuntungan yang diraup TUGU di PGEO sekitar Rp128,74 miliar.

Lantas, kapan TUGU akan menyetor dividen ? berdasarkan catatan, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) TUGU yang memutuskan pembagian dividen biasanya digelar antara akhir April sampai Juni. Dengan begitu, pembagian dividen kemungkinan besar hanya Aberjarak maksimal 6-8 bulan dari saat ini. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

5 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

6 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

19 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

20 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

20 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

20 hours ago