Pasar Modal

Laba Bersih Meroket 458 Persen, Homeco Living Mantap Melantai di Bursa

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan emiten baru bernama PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE)/Homeco Living, 12 Februari 2024. LIVE menjadi perusahaan ke-16 yang tercatat di BEI pada 2024.

Melalui Penawaran Saham Perdana (IPO), Homeco Living yang bergerak pada sektor barang konsumen non-primer dengan sub industri perlengkapan rumah tangga ini menawarkan hingga 808.350.000 saham, setara dengan maksimum 17,6 persen dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp25 per saham.

Menurut prospektusnya, perusahaan yang dimiliki oleh Sjamsoe Fadjar dan Ellies Kiswoto ini menetapkan kisaran harga IPO sebesar Rp148 per saham, dengan tujuan mengumpulkan maksimum Rp119,63 miliar dalam dana segar.

Baca juga: 3 Emiten Resmi Melantai di Bursa, Harga Sahamnya Ada yang Melonjak 34,78 Persen

Sjamsoe Fadjar, Komisaris Utama PT Homeco Victoria Makmur Tbk. (LIVE) mengatakan sepanjang tahun 2022, Homeco mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 86,53 persen dengan pencapaian laba bersih sebesar 458 persen.

“Manajemen merasa pencapaian ini merupakan momen yang tepat bagi perusahaan melakukan penawaran umum (IPO). Ke depannya manajemen akan senantiasa untuk menjaga pertumbuhan perusahaan untuk meningkatkan value bagi pemegang saham,” kata Sjamsoe Fadjar dalam keterangan resminya, 12 Februari 2024.

“Antisipasi tingginya minat pasar terhadap Homeco, kami menciptakan kesempatan bagi para investor untuk manfaatkan peluang ini (IPO),” tambah Sjamsoe.

Rencananya, dana segar hasil IPO akan digunakan untuk membiayai ekspansi perusahaan seperti pembelian persediaan barang dagang dan membiayai operasional perusahaan.

Selain itu, dana dari IPO juga digunakan untuk melunasi sebagian utang perusahaan yang telah jatuh tempo.

Baca juga: Usai IPO, Homeco Victoria Makmur (LIVE) Bidik 50 Juta Konsumen di 2030

Setelah IPO, kepemilikan Homeco Global Investasi akan terdilusi menjadi 78,69 persen dan porsi publik dengan kepemilikan di bawah 5 persen adalah sebesar 21,30 persen.

PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE) , dikenal juga dengan nama Homeco Living. Emiten ini didirikan pada 2012, dan menjual berbagai kategori produk.

Kegiatan usaha utamanya adalah perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga, perdagangan besar alat tulis dan gambar, perdagangan besar alat permainan dan mainan anak-anak, dan perdagangan besar tekstil.

Homeco Living (LIVE) menyediakan perlengkapan dapur, peralatan masak, tas, alat tulis, dan tisu basah berkualitas. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

38 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

1 hour ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago