Pasar Modal

Laba Bersih ESSA Industries Anjlok 91 Persen di Kuartal III 2023, Ini Biang Keroknya

Jakarta – PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA) telah membukukan kinerja keuangannya per kuartal III-2023. Di mana laba bersih perseroan tercatat sebanyak USD9,8 juta  atau anjlok 91 persen dari USD104,6 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur ESSA, Prakash Chand Bumb, menyatakan bahwa penurunan laba bersih tersebut disebabkan oleh menurunnya pendapatan konsolidasi sebesar 58 persen menjadi USD232,6 juta di kuartal III-2023 dari tahun sebelumnya yang tercatat USD557 juta.

Baca juga: Laba Terbang 73,07 Persen, Pendapatan Surge (WIFI) Tembus Segini

“Penurunan ini disebabkan adanya penurunan harga amonia dan LPG di pasar global,” ucap Prakash dalam Paparan Publik secara virtual di Jakarta, 6 Desember 2023.

Tidak hanya itu, EBITDA ESSA pun turut mengalami penurunan sebanyak 75 persen di sembilan bulan pertama 2023 menjadi USD66,1 juta dari tahun sebelumnya yang mampu mencapai USD268,6 juta.

Meski begitu, beban pokok pendapatan ESSA pada kuartal III-2023 berhasil terpangkas sebanyak 38 persen menjadi USD184,3 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya senilai USD298,9 juta.

Presiden Direktur ESSA, Kanishk Laroya, menambahkan bahwa memang yang menekan kinerja keuangan ataupun laba bersih dari ESSA tersebut terkait dengan harga amonia. 

Baca juga: Gara-Gara Ini, Laba Bersih Amman Mineral Anjlok 91,58 Persen

“Kalau kita lihat dari sisi operasionalnya ini jauh lebih defisit dari tahun-tahun sebelumnya dan kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya itu terbaik saat ini, jadi penekan kinerjanya hanya harga produk atau harga komoditas,” ujar Kanishk dalam kesempatan yang sama.

Dengan terjadinya koreksi harga yang cukup signifikan di tiga kuartal pertama 2023, Kanishk memproyeksikan di kuartal IV tahun ini akan terjadi peningkatan harga amonia dan akan tetap stabil dalam beberapa jangka waktu ke depan. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago