Pasar Modal

Laba Bersih Amman Mineral Anjlok 27 Persen di Kuartal I 2024, Ini Penyebabnya

Jakarta – PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) sebagai emiten produsen tembaga dan emas membukukan laba bersih USD131 juta di kuartal I 2024. Laba bersih ini turun 27 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat USD179 juta.

Penurunan laba bersih AMMN tersebut disebabkan oleh peningkatan biaya keuangan dan kewajiban bagi hasil atau IUPK PNBP, yaitu penerimaan negara bukan pajak untuk izin usaha pertambangan khusus. Hal itu juga memicu penurunan margin menjadi 22 persen di kuartal I-2024 dari tahun sebelumnya 30 persen.

Baca juga: Amman Mineral Gelontorkan Capex USD2 Miliar di 2024, Ini Rincian Penggunaanya

Meski begitu, Direktur Keuangan AMMN, Arief Sidarto, menuturkan bahwa penjualan bersih berhasil meningkat 1 persen menjadi USD602 juta di tiga bulan pertama 2024 dari USD597 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

β€œHal ini karena penurunan harga tembaga sebesar 19 persen yang diimbangi oleh peningkatan volume penjualan emas dan tembaga masing-masing sebesar 15 persen dan 5 persen, serta peningkatan harga emas sebesar 9 persen,” ucap Arief dalam keterangan resmi di Jakarta, 30 April 2024.

Sementara itu, produksi logam di kuartal I-2024 juga berhasil naik signifikan karena bijih berkadar tinggi Fase 7 yang mendorong peningkatan produksi tembaga 21 persen yoy dan produksi emas 34 persen.

Baca juga: Cinema XXI Bukukan Laba Bersih Rp154 Miliar di Kuartal I 2024, Melejit 701,7 Persen

Adapun, EBITDA AMMN tercatat turun sebesar 7 persen menjadi USD326 di kuartal I-2024 dari tahun sebelumnya USD349 juta yang disebabkan oleh kenaikan bea ekspor dan royalti. Namun, AMMN masih mampu mempertahankan marjin EBITDA yang kuat sebesar 54 persen.

Di sisi lain, AMMN masih berkomitmen untuk mengoptimalkan produksi, meski adanya potensi larangan ekspor yang dimulai pada Juni 2024, di mana perkiraan produksi akan mencapai 833 ribu metrik ton kering konsentrat yang diproyeksikan mengandung 456 juta pon tembaga dan sekitar satu juta ons emas. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

5 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan β€“ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

6 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago