BTN Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi

BTN Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi

Jakarta–PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2015. Bank yang memiliki fokus bisnis di sektor perumahan ini menjadi satu-satunya bank yang meraih penghargaan ini.

Penghargaan langsung diberikan oleh Presiden RI Jokowi kepada 10 BUMN yang berhasil menjalankan KPI dengan baik.

“Walaupun bukan sebagai pemenang 3 besar, kami bangga Bapak Presiden telah memberikan apresiasi khususnya kepada Bank BTN dalam menjalankan KIP,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa, 15 Desember 2015.

Maryono menambahkan, apresiasi kepada BUMN ini sejalan dengan apa yang sudah dilakukan perseroan yang terbukti dengan beberapa penghargaan menyangkut GCG (good corporate governance) dan keterbukaan informasi yang diperoleh BTN dari beberapa lembaga baik dari dalam maupunĀ  luar negeri beberapa waktu terakhir ini.

“Apresiasi KIP 2015 yang diserahkan langsung oleh Bapak Presiden kepada BUMN yang mendapatkan kesempatan menjadi pemenang 3 besar akan memacu semangat kami untuk menjalankan KPI lebih baik lagi ke depan,” tuturnya.

Menerut Maryono, keseriusan manajemen untuk menjalankan KIP ini sudah dilakukan sejak dicanangkan UU No.14 tahun 2008 tanggal 30 April 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mulai berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tanggal 23 Agustus 2010 tentang pelaksanaan UU tersebut dan UU No.25 tahun 2009 tanggal 18 Juli 2009 tentang pelayanan publik.

Adanya aturan untuk keterbukaan informasi dan pelayanan publik ini mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan transparansi perusahaan dan membentuk perangkat pelayanan informasi publik. Dengan pelayanan informasi publik, maka hak masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan, proses bisnis, laporan keuangan, tanggung jawab sosial perusahaan, tata kelola perusahaan, dan informasi lainnya terkait dengan perusahaan dapat terpenuhi.

“Kami sudah mempunyai tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah sebagai anggota masyarakat berkelas dunia. Ini sudah menjadi misi perusahaan untuk mewujudkannya pada tahun 2019 mendatang. Kami akan menjadikan standar layanan Bank BTN berkelas dunia,” tegas Maryono meyakinkan. (*) Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.