Kuartal II-2021, Penyaluran Kredit PermataBank Tumbuh 16,6%

Kuartal II-2021, Penyaluran Kredit PermataBank Tumbuh 16,6%

PermataBank AirAsia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (PermataBank) terus menjaga kinerja yang solid di tengah pandemi COVID-19. Salah satu indikator pertumbuhan tersebut adalah meningkatnya penyaluran kredit perseroan yang tumbuh 16,6% year-on-year (YoY) atau mencapai Rp120,8 triliun.

Direktur Utama PermataBank, Chalit Tayjasanant mengungkapkan pertumbuhan kredit ini didorong oleh segmen Wholesale Banking sebesar 39,8% YoY yang antara lain dikontribusikan dari penyelesaian integrasi dengan Bangkok Bank Indonesia di bulan Desember 2020. Selain itu, penyaluran kredit juga didukung oleh pertumbuhan KPR yang cukup signifikan yaitu sebesar 21,7% YoY di segmen ritel.

“Perluasan skala bisnis dan pertumbuhan kredit sehat, baik secara organik maupun inorganik, tetap menjadi fokus utama dalam meningkatkan kinerja PermataBank saat ini. Kami berharap dapat terus mendukung ekosistem perbankan Indonesia menuju ke arah yang lebih kuat,” jelas Chalit Rabu, 4 Agustus 2021.

PermataBank juga menjalankan prinsip kehati-hatian mengingat dampak pandemi yang masih berlanjut dan meningkatkan potensi risiko kredit inheren. Rasio NPL gross dan NPL net di bulan Juni 2021 tercatat pada posisi masing-masing 3,3% dan 1,2%. Secara tahunan, capaian ini masih lebih baik dibandingkan posisi Juni 2020 masing- masing sebesar 3,7% dan 1,8%.

Di sisi lain, perseroan juga membukukan Laba Bersih setelah pajak sebesar Rp639 miliar atau naik 74,3% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp.366 miliar. Pendapatan operasional tercatat sebesar Rp4,9 triliun, tumbuh sebesar 19,4% YoY dan laba operasional sebelum pencadangan tumbuh sebesar 36,6% YoY.

Posisi likuiditas perseroan juga terjaga dengan rasio Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 75% pada akhir Juni 2021. Hal ini didorong oleh peningkatan simpanan nasabah yang tumbuh sebesar 25,0% YoY dengan rasio CASA sebesar 52%, menguat dibandingkan posisi Desember 2020 sebesar 51%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]