Kredit BCA Tumbuh 10,9%

Kredit BCA Tumbuh 10,9%

Kredit BCA Tumbuh 10,9%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) masih mencatatkan kinerja positif pada penyaluran kreditnya. Tercatat pertumbuhan kredit hingga kuartal III-2019 mencapai 10,9% YoY menjadi Rp585 triliun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebut, pertumbuhan kredit terutama didukung oleh segmen bisnis, dimana kredit korporasi meningkat 16,5% YoY menjadi Rp232 triliun dan kredit komersial & UKM tumbuh 10,5% YoY menjadi Rp192,2 triliun.

“BCA tetap mengembangkan bisnis kredit secara hati-hati, dengan mencermati kondisi lingkungan bisnis namun mengoptimalkan peluangpeluang yang ada,” kata Jahja di Jakarta, Senin 28 Oktober 2019.

Sementara itu, kredit konsumer meningkat 4,1% YoY menjadi Rp156,3 triliun. Dalam kredit konsumer, kredit beragun properti (KPR) tumbuh 6,8% YoY menjadi Rp92,1 triliun, kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KKB) turun 2,0% YoY menjadi Rp47,8 triliun.

KKB turun terutama disebabkan oleh penurunan pembiayaan kendaraan roda dua, dan saldo pinjaman kartu kredit tumbuh 10,4% YoY menjadi Rp13,4 triliun pada September 2019. Tak hanya itu, pada periode yang sama juga untuk pembiayaan Syariah masih dapat meningkat 5,9% YoY menjadi Rp5,0 triliun.

Sementara pada Rasio Kredit Macet atau Non Performing Loan (NPL) tercatat sedikit meningkat dari 1,4% dari September 2018 menjadi 1,6% di September 2019. Jahja menyebut adanya kredit macet sektor industri baja buat NPLnya membengkak.

“Terutama industri baja (berdampak) namun kenanya kecil sekali. Penyebab kedua itu bencana di Palu dan banyak terjadi kredit macet yang tidak bisa kita colect,” kata Jahja.

Jahja berharap hingga akhir tahun masih dapat terus meningkatkan kinerjanya khusunya penyaluran kreditnya dengan fokus korporasi dan komersial. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]