KPK Tekankan Pentingnya Investasi dan Pencegahan Korupsi Untuk Dorong Ekonomi

KPK Tekankan Pentingnya Investasi dan Pencegahan Korupsi Untuk Dorong Ekonomi

KPK Ingatkan Direksi BPD Tolak Intervensi Pejabat Daerah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menekankan pentingnya investasi daerah dan pemberantasan korupsi dalam masa pemulihan ekonomi seperti sekarang. Ia menilai, kedua faktor ini bisa menentukan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Saya selalu bilang pada Kepala Daerah jangan mempersulit investasi. Melalui Investasi, tingkat kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Lapangan pekerjaan tercipta dan angka pengangguran turun. Angka kemiskinan juga akan turun sehingga masyarakat sejahtera,” ujar Firli pada paparan virtualnya, Selasa, 8 Februari 2022.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada tahun 2021 mencapai Rp901,02 triliun. Angka ini tumbuh 9% secara year-on-year (yoy) dan melampaui target. Sementara, angka kemiskinan nasional per September 2021 mencapai 26,50 juta dan Indeks Pembangunan Manusia juga berada di pososo 72,29 di 2021, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sektor pemberantasan korupsi, Firli mengajak setiap masyarakat untuk berpartisipasi dalam langkah pencegahan. Ia mengungkapkan, bahwa saat ini KPK sebagai garda terdepan memiliki dua strategi utama dalam pemberantasan korupsi.

Pertama adalah dengan melakukan pendidikan masyarakat. Hal ini tidak terbatas pada rakyat kecil saja, tetapi juga regulator dan pemangku kebijakan lain. Kedua adalah melakukan upaya pencegahan dan perbaikan sistem. KPK terus melakukan evaluasi dan perbaikan pada sistem pencegahan korupsi yang ada di Indonesia saat ini. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]