Internasional

Kontroversi Ekspor Biji-Bijian, Perang Rusia-Ukraina Bakal Menjalar ke Laut Hitam

Jakarta – Rusia menolak seruan PBB agar bergabung kembali dengan kesepakatan ekspor biji-bijian di Laut Hitam. Moscow tak mungkin kembali bergabung dengan kesepakatan tersebut hingga kepentingan mereka dihormati.

Presiden Putin menganggap bahwa kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam dengan Ukraina telah kehilangan makna.

“Kelanjutan ‘kesepakatan biji-bijian’ Laut Hitam yang tidak membenarkan tujuan kemanusiaannya telah kehilangan maknanya,” kata Putin, menurut artikel situs web Kremlin dikutip Reuters, Kamis, 27 Juli 2023.

Baca juga: Pekan Ini, Jokowi Akan Bertemu Xi Jinping di China, Bahas Apa?

Dia mengatakan, bahwa persyaratan Rusia untuk perpanjangan telah diabaikan. Kesepakatan tersebut, justru akan memberikan kesempatan Ukraina untuk mengekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam, meski dalam kondisi perang, untuk meringankan krisis pangan global.

Setelah keluar dari kesepakatan, hampir setiap hari Rusia telah menggempur pelabuhan pengekspor makanan Ukraina. Serangan pada Minggu lalu, di pelabuhan selatan Odesa menewaskan satu orang dan melukai puluhan lainnya.

Di sisi lain, Kementerian Pertahaan Inggris melaporkan bahwa korvet Rusia Sergey Kotov telah dikerahkan ke Laut Hitam. Adapun tujuannya berpatroli di jalur pelayaran antara Selat Bosporus dan kota pelabuhan Odesa di bagian selatan Ukraina.

“Ada kemungkinan realistis bahwa kapal itu akan menjadi bagian dari satu gugus tugas untuk mencegat kapal-kapal komersial yang oleh Rusia diyakini sedang menuju Ukraina,” kata kementerian Inggris tersebut.

Rekor Panen Biji-Bijian

Sementara, menjelang KTT Rusia-Afrika yang berlangsung di St. Petersburg, Putin mengatakan bahwa Rusia mengharapkan bisa mencetak rekor panen biji-bijian tahun ini.

“Saya ingin memastikan bahwa negara kami dapat menggantikan biji-bijian Ukraina baik secara komersial maupun gratis, karena kami kembali mengharapkan rekor panen tahun ini,” kata Putin.

Putin melanjutkan, syarat dasar untuk kembalinya Rusia ke kesepakatan biji-bijian adalah pemulihan esensi kemanusian aslinya. Mengingat kondisi dalam perjanjian itu yang menurut dia harus dipenuhi, tanpa terkecuali.

Setelah itu dipenuhi, dia berjanji Rusia akan segera kembali ke kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam.

Perjanjian itu sendiri ditandatangani Rusia, Ukraina, PBB, dan Turki untuk memfasilitasi keberlanjutan ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam, yang sempat terhenti akibat perang yang dimulai pada Februari 2022 silam.

Baca juga: Militer Ukraina Tembak Jatuh Tiga Rudal Penjelajah Milik Rusia

Asal tahu saja, Rusia dan Ukraina merupakan lumbung pangan dunia. Mereka yang tengah berperang itu memproduksi biji-bijian, seperti gandum dan jagung.

Peperangan Rusia dan Ukraina telah mengganggu jalur distribusi pangan bagi dunia. Utamanya negara-negara seperti Timur Tengah dan Afrika. Terlebih, wilayah itu cukup bergantung dari pasokan biji-bijian dari Rusia maupun Ukraina. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago