Konsumsi Rumah Tangga Kunci Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi RI

Konsumsi Rumah Tangga Kunci Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir menilai, di tengah perlambatan ekonomi global yang berdampak ke perekonomian Indonesia, konsumsi rumah tangga bisa menjadi kunci untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ini kunci untuk bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Itu yang dilakukan pemerintah. Kebijakan-kebijakan yang kita lakukan bukan hanya untuk jangka pendek. Namun, kita sudah antisipasi pelemahan ekonomi global kita,” ujar Iskandar di Jakarta, 26 November 2019.

Ia mengungkapkan, bahwa penurunan daya beli masyarakat yang akan berdampak pada konsumsi rumah tangga dapat dicegah dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Menurutnya, APBN sebagai instrumen kebijakan fiskal yang dapat digunakan untuk menjaga stabilitas konsumsi domestik Indonesia.

“APBN sudah kita gunakan sebagai preventif policy untuk mengantisipasi penurunan daya beli. Kuncinya adalah kita berhasil mempertahankan konsumsi kita. Jadi, jauh-jauh hari kita sudah melakukan tindakan preventif,” pungkas Iskandar. (*)

Related Posts

News Update

Top News