Kompetisi CFR LPS 2022 Lahirkan Peneliti Berkompetensi

Kompetisi CFR LPS 2022 Lahirkan Peneliti Berkompetensi

Kompetisi CFR LPS 2022 Lahirkan Peneliti  Berkompetensi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kompetisi riset Call For Research (CFR) 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjadi salah satu wadah bagi masyarakat dan peneliti muda untuk unjuk gigi. Ajang penulisan ilmiah yang diselenggarakan secara rutin sejak 2017 tersebut hingga saat ini telah mengumpulkan 90 tim yang akan berkompetisi ini.

LPS berkomitmen untuk rutin mengadakan ajang ini, karena LPS ingin memajukan budaya riset tanah air, dimana riset atau karya ilmiah tersebut itu adalah langkah awal dan sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa dalam bidang sains dan teknologi.

Bellinda Azahra, salah satu periset dari generasi milenial, berusia 21 tahun, seorang mahasiswi tingkat akhir Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sempat menceritakan hasil risetnya. Bellinda mengangkat topik yang relatif masih baru, yaitu Integrated Reporting.

Topik ini sendiri merupakan bentuk output akhir perusahaan berupa laporan yang menggabungkan informasi dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan (sustainability report).

“Saya mengambil isu tersebut karena sejalan dengan topik LPS CFR yaitu pengembangan sektor Jasa Keuangan Nasional yang berwawasan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) untuk Pembangunan Berkelanjutan. Melalui integrated reporting yang baik diharapkan sektor perbankan dapat lebih profesional lagi dalam mendukung pembangunan Nasional yang berkelanjutan,” ujarnya dikutip pada 14 Juli 2022.

Ajang LPS CFR 2022 tahun ini mengangkat tema tema “Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Resilient di Tengah Tantangan dan Ketidakpastian” dengan 2 (dua) sub tema penelitian yang dapat dipilih, yaitu Subtema Umum dan Subtema Khusus. Selain jumlah peserta yang meningkat, hadiah yang diberikan kepada para pemenang LPS CFR di tahun 2022 melonjak dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Total hadiah LPS CFR tahun ini adalah Rp205 juta.

Sesuai dengan tema yang diusung terdapat 2 Sub Tema penelitian dengan beberapa pilihan riset, yaitu Subtema Khusus, diperuntukkan kepada minimal mahasiswa Diploma/Strata 1 (S1). Kemudian, Subtema Umum yang diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/Strata (S1) dan maksimal lulusan Strata 2 (S2).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan syarat lengkapnya, masyarakat bisa mengakses situs www.lps.go.id. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]