Kolaborasi Grab dan Emtek Dorong Transformasi Digital UMKM

Kolaborasi Grab dan Emtek Dorong Transformasi Digital UMKM

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) bersama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, (Emtek Group) sepakat untuk melakukan kerja sama untuk mendukung UMKM. Melalui kesepakatan ini, digitalisasi UMKM diharapkan akan mampu berjalan dengan lebih cepat.

Kedua perusahaan rencananya akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional. Emtek sendiri telah menginvestasikan US$375 juta dan sebaliknya Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group.

“Grab dan Emtek Group memiliki visi yang sama dan pandangan yang selaras dengan pendekatan kami dalam membangun ekosistem terbuka guna membantu memecahkan sejumlah tantangan terbesar di Indonesia. Seiring dengan langkah Indonesia menuju Industry 4.0, kami berharap tidak ada satu orang pun yang tertinggal,” tulis Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, Senin, 26 Juli 2021.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki mendukung upaya kerja sama antara dua perusahaan ini. Melalui sinergi antar institusi, perekonomian digital Indonesia bisa ditingkatkan serta peran UMKM dalam ekonomi digital bisa ditambah.

Sebagai perwujudan dari kerja sama tersebut, Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota tier 2 Indonesia.

Festival Kota Mapan pertama, yang akan diselenggarakan di Solo pada September 2021 akan menargetkan 1.000 UMKM dan fokus pada program dukungan terintegrasi. Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas UMKM melalui program pelatihan yang dikurasi dan intensif, serta solusi teknologi yang dikostumisasi, didukung oleh Bukalapak, GrabFood , GrabKios, dan GrabMart.

Selain itu, Grab dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia, melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity. Minggu lalu, Grab dan Vidio meluncurkan penawaran paket GrabFood dengan voucher diskon Vidio Premier Platinum untuk 30 hari yang dapat diperoleh di aplikasi Grab. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Pilihan

Info Grafis

Silahkan Login 

%d bloggers like this: