Perbankan

Kolaborasi BCA Syariah dan Henan Putihrai Sekuritas Tingkatkan Inklusi Pasar Modal Syariah

Jakarta – PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan PT Henan Putihrai Sekuritas (Henan Sekuritas) soal simplifikasi pembukaan rekening dana nasabah (RDA) untuk pasar modal syariah.

Presiden Direktur BCA Syariah, Yuli Melati Suryaningrum menuturkan, sektor keuangan syariah di Indonesia masih memerlukan peningkatan, terutama di pasar modal syariah.

Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi berbagai pihak untuk mendorong penetrasi keuangan syariah di masyarakat, salah satunya dengan mempermudah akses dan pemanfaatan produk syariah.

“Literasi itu (keuangan syariah) masih sangat rendah. Karena itu, harapannya dengan kemudahan yang kita tawarkan di sini, itu menyebabkan orang jadi tergerak untuk sama-sama ikut andil,” kata Yuli pada Selasa, 22 Oktober 2024.

“Sehingga, literasi bisa sama-sama kita tingkatkan dengan orang mencoba langsung untuk pakai karena kemudahannya,” imbuh Yuli.

Baca juga: Perluas Ragam Investasi, BCA Bersama Bahana TCW Hadirkan Reksa Dana BIPA35

Sementara itu, Direktur Henan Sekuritas, Jurgantara Usman menyoroti transaksi pasar modal syariah yang masih sangat jauh dengan pasar modal konvensional.

Menurutnya, jumlah transaksi pasar modal syariah selama empat tahun, masih kurang dari jumlah transaksi Henan Sekuritas sebulan.

Meskipun begitu, Jurgantara melihat potensi pasar modal syariah yang besar ke depannya. Apalagi, jika melihat mayoritas masyarakat Indonesia yang bergama Islam, menjadikan negara ini dengan populasi muslim terbesar kedua di dunia.

“Kita tentu melihat potensi ke depannya. Karena, yang namanya investasi syariah itu, apalagi di pihak negara mayoritas muslim, tentunya potensinya sangat besar, seiring dengan bertumbuhnya ekonomi,” ujar Jurgantara.

Baca juga: Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas 

Dengan penandatanganan kerja sama RDA dengan BCA Syariah, Jurgantara berharap agar penetrasi pasar modal syariah bisa semakin sukses dan populer di kalangan masyarakat luas.

“Harapan saya sih, ke depannya kerja sama dari pihak-pihak yang ada bisa makin menyukseskan investasi syariah,” tutupnya. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Yulian Saputra

Recent Posts

IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Berikut

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

44 mins ago

BEI: 68 Persen Saham di Bursa Milik Perusahaan Syariah

Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan positif di pasar modal syariah hiingga 18… Read More

2 hours ago

Begini Strategi BNC Tingkatkan Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia

Jakarta - Bank Neo Commerce (BNC) memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat… Read More

3 hours ago

Riset: Budaya Nongkrong Kelas Menengah Bertahan di Tengah Krisis Daya Beli

Jakarta – Managing Partner Inventure, Yuswohady menyatakan bahwa budaya nongkrong di kalangan masyarakat Indonesia sulit… Read More

10 hours ago

Survei Inventur: Kelas Menengah Mulai Tunda Punya Rumah hingga Menikah

Jakarta - Deflasi yang terjadi di Indonesia selama lima bulan berturut-turut sejak Mei-September 2024 menyebabkan masyarakat… Read More

10 hours ago

Great Eastern General Insurance Indonesia jadi Top Perusahaan Asuransi Umum 2024

Jakarta - PT Great Eastern General Insurance Indonesia berhasil meraih predikat Top Perusahaan Asuransi Umum… Read More

10 hours ago