Keuangan

Kinerja Moncer, LSP Keuangan Syariah Siap Adaptasi Regulasi Baru

Jakarta – Kinerja Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah (LSP KS) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) terus menunjukkan tren positif. Pertumbuhan aset tercatat sebesar Rp2,96 miliar dan pertumbuhan profit Rp472 juta.

Ketua Dewan Pembina LSP KS yang juga Sekretaris Jenderal MES Iggi H. Achsien menyampaikan, optimisme di tengah semakin kompleksnya tantangan pengembangan SDM ekonomi dan keuangan syariah, utamanya terkait dengan komitmen pemerintahan baru.

“Kami yakin dengan pemerintahan baru yang akan datang memiliki visi dan komitmen yang kuat untuk memajukan ekonomi syariah, sehingga LSP KS harus dapat berkontribusi lebih signifikan,” ujar Iggi dalam keterangan resmi, Selasa, 15 Oktober 2024.

Iggi berharap agar LSP KS dapat lebih progresif dengan menyesuaikan program kerja atas potensi adanya perubahan regulasi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

“LSP KS juga harus lebih adaptif dengan melakukan inovasi dan regenerasi kepengurusan untuk meningkatkan kinerja ke depan,” tuturnya.

Baca juga: BTN Klaim Sudah Sepakati Harga Akusisi Calon Bank Syariah

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas LSP KS, Mulya E. Siregar, menyampaikan apresiasi atas beberapa capaian positif yang berhasil diraih sepanjang 2023. 

“Salah satu pencapaian yang membanggakan adalah pertumbuhan aset finansial yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Kendati aset finansial tumbuh signifikan, Mulya menggarisbawahi bahwa kinerja dari sisi profit justru mengalami stagnasi dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini, menurutnya, disebabkan oleh pertumbuhan jumlah asesi yang masih tergolong lambat.

“Meski secara aset kita mencatat peningkatan yang baik, tapi profitabilitas belum menunjukkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Mulya menekankan pentingnya segera dilakukan upaya strategis untuk mengatasi kondisi ini dan memastikan keberlanjutan perkembangan LSP KS ke depan.

Ketua Umum LSP KS, Ani Murdiati menyampaikan agenda utama dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini adalah untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban dan evaluasi kinerja untuk perbaikan beberapa hal di masa mendatang. Dirinya berharap tata kelola kelembagaan akan semakin lebih baik sehingga layanan kepada customer dapat ditingkatkan.

“Salah satu hal penting yang diputuskan dalam RAT ini adalah diterimanya laporan keuangan 2023 dan rencana kerja 2024 serta banyaknya masukan dari dewan pembina, pengawas dan asosiasi sebagai dasar LSP KS untuk melakukan perbaikan ke depan,” ujarnya.

Baca juga: BSI & Muhammadiyah Berkolaborasi Memperkokoh Islamic Ecosystem

Lebih lanjut, Ani menjelaskan bahwa pada tahun 2023 LPS KS mencatat sejumlah prestasi tersendiri, di antaranya adalah disetujuinya 17 skema meskipun belum memberikan kontribusi profit kepada para pemegang saham. 

Selain itu, LSP KS juga berperan penting dalam merumuskan program penyetaraan direksi dan komisaris aktif perbankan untuk skema manajemen risiko yang baru. Demikian halnya dengan sistem ujian online, LSP KS menjadi yang terdepan di antara tiga LSP perbankan yang lain.

“Saat ini, untuk semua skema sudah bisa menjadi sumber pendapatan, sehingga LSP KS InsyaAllah bisa berkembang lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Ada Sri Mulyani-Raffi Ahmad, Ini Daftar Lengkap Calon Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengundang calon menteri dan wakil menteri (wamen) serta… Read More

4 hours ago

Resmi Diluncurkan, BMoney Privilege Lounge Tawarkan Pengalaman Investasi Menarik

Jakarta – BMoney resmi meluncurkan aplikasi BMoney Privilege Lounge yang hadir untuk menawarkan kenyamanan, kemewahan,… Read More

4 hours ago

Menteri Investasi Beberkan 2 Kunci Capai Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roslanie, menyebutkan bahwa, kunci untuk… Read More

4 hours ago

Calon Wamen Datangi Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Selebriti Raffi Ahmad sambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, 15 Oktober… Read More

8 hours ago

Total 59 Calon Wakil Menteri dan Kepala Badan yang Sudah Dipanggil Prabowo, Ini Daftarnya

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyudahi pemanggilan calon menteri dan wakil menteri (wamen) untuk kabinet… Read More

8 hours ago

DBS Indonesia Gandeng Moduit Perluas Akses Investasi Obligasi Pasar Sekunder, Targetkan AUM Rp500 Miliar

Jakarta - PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia), hari ini, Selasa (15/10), meresmikan kerja… Read More

9 hours ago