Kilas Balik Spesifikasi Mobil Maung Buatan Pindad yang Menemani Prabowo ke Istana

Kilas Balik Spesifikasi Mobil Maung Buatan Pindad yang Menemani Prabowo ke Istana

Jakarta – Setelah resmi dilantik, Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024, dengan menggunakan mobil “Maung Garuda”, sebuah kendaraan yang merupakan kebanggaan karya anak bangsa.

Dari lokasi pelantikan, Prabowo diiringi oleh tiga mobil Jeep putih dan 10 motor pengawal Paspampres. Rombongan presiden membentuk barisan dan keluar dari Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya, Prabowo tiba di lokasi menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat nomor dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Namun, setelah pelantikan, dia beralih ke SUV berwarna putih “Maung Garuda” yang berpelat ‘Indonesia 1’ untuk perjalanan menuju Istana Merdeka.

Diproduksi PT Pindad

“Maung Garuda” adalah kendaraan taktis ringan 4×4 yang diproduksi oleh PT Pindad, dirancang khusus untuk mendukung operasi di medan sulit dan pertempuran jarak dekat.

Menurut informasi dari situs resmi Pindad, Maung memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal, sangat ideal untuk mendukung mobilitas pengguna dalam berbagai medan operasi.

Baca juga: Segini Harga Mobil Maung Tunggangan Prabowo-Gibran Saat Daftar ke KPU

Spesifikasi Mobil

Dengan kecepatan maksimal 120 km/jam dan transmisi manual 6-percepatan, SUV ini mampu menjelajahi jarak hingga 800 km.

“Maung” juga dapat dilengkapi dengan berbagai perlengkapan, termasuk braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, serta perangkat GPS dan tracker kendaraan.

Mobil ini memiliki kapasitas empat penumpang dan berat 2.160 kg, dengan fleksibilitas untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Versi “Maung Garuda” yang digunakan oleh Prabowo telah dimodifikasi dengan gaya Eropa, lengkap dengan velg chrome dan logo “GARUDA” di bagian belakang.

Baca juga: Segini Harga Mobil Maung Tunggangan Prabowo-Gibran Saat Daftar ke KPU

Acara pelantikan Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat, berlangsung pada pukul 11.25 WIB, diikuti dengan jamuan untuk utusan negara sahabat.

Perlu diketahui, pelat ‘Indonesia 1’ sebelumnya digunakan pada mobil kepresidenan sedan Mercedes-Benz hitam yang ditumpangi Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Gedung MPR. Saat meninggalkan lokasi, Jokowi beralih ke mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat B-1339-ZZR.

Setelah prosesi pisah sambut di Istana Merdeka, Jokowi kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. (*)

Related Posts

News Update

Top News