Categories: Keuangan

Keuangan Syariah Diharapkan Berkontribusi ke Perekonomian

Jakarta – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai, sektor keuangan syariah harus dapat mewaspadai tantangan-tantangan baik dari domestik maupun global ditengah kondisi perekonomian yang tengah terjadi saat ini.

Menurutnya, pelaku sektor keuangan syariah harus mampu menghadapi tantangan-tantangan yang akan terjadi dalam ke depannya. Oleh sebab itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan lagi jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

Selain itu, dia juga berharap agar sektor keuangan syariah baik industri perbankan maupun Industri Keuangan Non Bank (IKNB) dapat berkontribusi besar terhadap perekonomian. Kondisi ini sejalan dengan pangsa pasar keuangan syariah yang masih rendah.

Dia menilai, selama ini sektor keuangan syariah di Indonesia hanya memikirkan bagaimana mengembangkan sektor tersebut, namun juga harus memikirkan bagaimana industri keuangan syariah ini bisa berkontribusi terhadap perekonomian.

“Jangan sampai terjebak asyik membahas bagaimana perkembangan industrinya tanpa melihat kontribusi pada perekonomian. Tapi bagaimana kita bisa berkontribusi pada perekonomian,” ujar Bambang di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2016.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kondisi tersebut juga menjadi tantangan sektor keuangan syariah di Indonesia. Maka dari itu, dia meminta agar sektor keuangan syariah baik perbankan maupun IKNB bisa memikirkan hal tersebut.

“Ini menjadi tantangan besar bagi syariah. Tidak hanya itu, konven juga seperti itu,” tutup Menkeu. (*) Rezkiana Nisaputra

Apriyani

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

21 mins ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

26 mins ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

30 mins ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

2 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

3 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

4 hours ago