Keuangan

Ketum Bakul Budaya FIB UI Tekankan Pentingnya Manajemen Investasi bagi Masyarakat

Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Bakul Budaya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Dewi Fajar Marhaeni menekankan pentingnya manajemen investasi bagi masyarakat dalam mengelola keuangan di masa depan.

“Di zaman modern saat ini, semakin modern tentu kita mengalami semakin banyak kemajuan. Istilahnya saja lebih wah seperti financial planner atau manajemen investasi,” katanya dalam acara Infobank Financial Literacy Road Show 2024, di FIB UI, Sabtu, 2 Maret 2024 

Menurutnya, ada banyak manfaat mempelajari manajemen investasi, salah satunya untuk mengantisipasi apa yang terjadi di depan.

Baca juga: Bidik Pertumbuhan Investor, Sucor AM Gencar Lakukan Literasi Keuangan

Ia merujuk kepada kondisi ekonomi global yang tidak sedang baik-baik saja. Banyak negara telah masuk jurang resesi, dua di antaranya yakni Jepang dan Inggris. Kemungkinan diprediksi bakal ada negara lain yang terjun ke jurang resesi.

“Dunia sedang tidak baik-baik saja, Indonesia suka tidak suka dihadapkan pada kondisi yang tidak baik-baik saja dalam masalah perekonomian. 

Akan tetapi, kata dia, kondisi tersebut tidak serta merta membuat mental masyarakat Indonesia drop dalam merespons kondisi ekonomi global.

“Hal ini karena budaya kita sangat kuat. Orang Indonesia terkenal bandel ya, mau dalam kondisi susah di rumah, investasi kita carut marut namun kita tetap bisa survive dalam segala kondisi. Hal ini menjadi keunggulan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, pihaknya mengapresiasi terselenggaranya program Infobank Financial Literacy Road Show 2024 kepada para penggiat budaya yang tergabung dalam Komunitas Bakul Budaya.

Baca juga: Jepang dan Inggris Masuk Jurang Resesi, Ini Harapan Wakil Dekan UI untuk Ekonomi RI

“Hari ini kita akan mendapatkan pengetahuan tentang apa itu aset manajemen, financial planner hingga konsep menabung yang dijelaskan langsung oleh perusahaan aset manajemen untuk mengelola pundi-pundi kita yang berguna bagi keluarga kita,” bebernya.

Pihaknya pun berharap, kehadiran perusahaan aset manajemen bisa membantu anggota Komunitas Bakul Budaya dalam mengelola keuangan di masa depan. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Dukung Inklusi Keuangan, CIMB Niaga Dorong Nasabah Manfaatkan Platform Digital

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berupaya mendukung inklusi keuangan dengan… Read More

13 mins ago

Anak Buah Sri Mulyani Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Timur Tengah ke APBN

Jakarta – Eskalasi konflik di Timur Tengah dikhawatirkan dapat berdampak terhadap perekonomian global. Di domestik, berdasarkan data… Read More

1 hour ago

Jadi Anggota DPR Terkaya, Segini Kekayaan Bos Lion Air Rusdi Kirana

Jakarta – Pengusaha sekaligus pendiri Lion Air, Rusdi Kirana telah resmi dilantik menjadi wakil ketua… Read More

1 hour ago

Respons Sri Mulyani soal Pemda Diduga Manipulasi Data Inflasi Demi Insentif

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bahwa telah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian… Read More

2 hours ago

Deflasi 5 Bulan Beruntun Tak Bikin Pemerintah Resah, Ini Alasannya

Jakarta – Perekonomian Tanah Air mengalami deflasi selama 5 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2024. Adapun BPS… Read More

3 hours ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,58 Persen ke Level 7.500

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (4/10) kembali… Read More

3 hours ago